Bisnis penyedia jasa pernikahan makin menggeliat di Kotim

id Bisnis penyedia jasa pernikahan makin menggeliat di Kotim,Sampit,Kotim,Kotawaringin Timur,Citimall,Wedding

Bisnis penyedia jasa pernikahan makin menggeliat di Kotim

Salah seorang pengunjung memperhatikan pakaian pengantin yang dipajang di salah satu stan 'Wedding & Beauty Expo 2019' di Citimall Sampit. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bisnis penyedia jasa pendukung pernikahan makin menggeliat di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah sehingga memberikan prospek baru bagi ekonomi masyarakat.

"Ekonomi kreatif seperti ini patut didukung. Harapannya, terus tumbuhnya bisnis seperti ini tidak hanya menjadikan pekerjaan untuk diri sendiri, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain," Sekretaris Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Alfisah di Sampit, Sabtu.

Alfisah mencontohkan, ramainya suasana 'Wedding & Beauty Expo 2019' yang digelar di Citimall Sampit selama tiga hari terakhir, menggambarkan optimisme bisnis di bidang usaha jasa pendukung pernikahan.

Perkembangan zaman kini juga membuat keinginan masyarakat terhadap suasana pernikahan cukup beragam. Ini menjadi peluang bagi penyedia jasa pendukung pernikahan, mulai dari menyediakan pakaian pengantin, rias kecantikan, dekorasi ruangan hingga makanan yang dihidangkan.

Menurut Alfisah, bisnis di bidang ini membutuhkan kreativitas dan ide-ide yang segar sehingga selalu mampu menyuguhkan daya tarik bagi calon konsumen. Dia mengapresiasi 'Wedding & Beauty Expo 2019' yang rutin digelar karena menjadi pemicu dan pendorong bisnis di bidang ini untuk terus tumbuh dan berkembang.

Penyedia jasa pendukung pernikahan atau 'vendor wedding' tidak hanya menjadi sebuah pekerjaan bagi pemiliknya, tetapi bisnis juga bisa membuat lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Peluang usaha ini sangat mendukung pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kotawaringin Timur. 

Dia berharap sektor ini akan terus berkembang sehingga semakin banyak masyarakat yang terangkat ekonominya melalui bidang ini. Dengan begitu, semakin meningkat pula kesejahteraan masyarakat.

Sesuai perkembangan zaman, bidang ini juga terus berkembang karena berkaitan dengan mode dan gaya. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk melestarikan kebudayaan daerah dengan mengangkat pakaian pengantin yang memasukkan unsur-unsur khas daerah.

Baca juga: Buaya Sungai Mentaya mengganas serang manusia dan ternak

"Kami berharap kegiatan positif seperti ini berkelanjutan karena membawa manfaat besar dalam membantu pelaku usaha di bidang ini. Pemerintah daerah tentu sangat mendukung ini," demikian Alfisah.

Putri, salah seorang pengunjung menyambut positif 'Wedding & Beauty Expo 2019' karena memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih penyedia jasa pernikahan sesuai keinginan. 

Didampingi pujaan hatinya, Putri tampak antusias mengunjungi setiap stan di 'Wedding & Beauty Expo 2019'. Dia memuji gaun-gaun pengantin yang dipamerkan juga bagus-bagus sehingga bisa menjadi referensi bagi mereka yang ingin menikah.

"Ini sangat bagus karena kita bisa melihat dan memilih mana yang menarik dan sesuai keinginan. Tadi saya tanya-tanya, harganya juga lumayan terjangkau. Saya senang bisa hadir di sini," demikian Putri.

Baca juga: Legislator Kotim sidak pasar jelang Natal, ini hasilnya