Minum kopi pagi hari tidak berpengaruh untuk kreativitas

id kopi,minum kopi,Minum kopi pagi hari tidak berpengaruh untuk kreativitas

Minum kopi pagi hari tidak berpengaruh untuk kreativitas

Ilustrasi kopi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Secangkir kopi di pagi hari bisa membantu Anda fokus, terampil memecahkan masalah, tetapi tidak berpengaruh untuk kreativitas Anda, menurut sebuah studi dalam jurnal Consciousness and Cognition edisi Maret.

Untuk sampai pada temuan ini, Darya Zabelina, asisten profesor psikologi di University of Arkansas dan tim mempelajari efek kafein pada 80 orang sukarelawan.

Mereka memberi para sukarelawan ini pil kafein 200 miligram (mg) - setara dengan satu cangkir kopi kental - atau plasebo.

Baca juga: Tren coffee mocktail, cara baru minum kopi

Hasil studi menunjukkan, kafein meningkatkan pemikiran konvergen atau berhubungan dengan pemecahan masalah tetapi tidak berdampak nyata pada pemikiran divergen yakni berhubungan dengan kreativitas.

Para peneliti juga menemukan, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi tampaknya memengaruhi suasana hati - mereka yang meminumnya melaporkan lebih sedikit merasa sedih.

"200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif," kata Zabelina seperti dilansir WebMD.

Baca juga: Ganjar Pranowo ditawari membuka warung kopi di Paris

Baca juga: Kedai kopi untuk para vegetarian

Baca juga: Turunkan risiko demensia dengan minum kopi