RSUD Doris Sylvanus : Jenazah dimakamkan petugas gunakan APD, bukan kasus COVID-19

id Covid 19, virus corona, pemakaman, palangka raya, apd, alat pelindung diri, infeksius

RSUD Doris Sylvanus : Jenazah dimakamkan petugas gunakan APD, bukan kasus COVID-19

Foto pemakaman jenazah oleh petugas gunakan APD di Palangka Raya, Kamis, (26/3/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Saya pastikan pasien itu bukan COVID-19
Palangka Raya (ANTARA) - Terkait viralnya foto-foto jenazah di Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang dimakamkan petugas dengan mengenakan alat pelindung diri (APD), dipastikan bahwa tidak ada kaitannya dengan kasus COVID-19.

"Saya pastikan pasien itu bukan COVID-19," tegas Kepala Bidang Diklit, Pengembangan dan Humas RSUD Doris Sylvanus dr Riza Syahputra saat dihubungi dari Palangka Raya, Kamis.

Ia menjelaskan, pasien itu bukanlah pasien COVID-19. Pasien tersebut meninggal di rumahnya dan bukan di rumah sakit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul menambahkan, semua kasus infeksius perlakuannya seperti itu, tidak hanya COVID-19.

"Saya pastikan ini bukan COVID-19, tapi karena saya tidak dapat izin keluarga, maka sebab kematian tidak bisa saya sebutkan. Lain halnya kalau COVID-19, diberi izin atau tidak diberi izin akan saya sebutkan," tegas Wakil Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kalteng.

Ia mengungkapkan, pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya penguburan kepada pihak rumah sakit. Sebab penyakitnya infeksius, petugas rumah sakit pun menggunakan prosedur standar, yakni diantaranya mengenakan APD.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar