Mantan striker MU Andy Cole galang dana guna penelitian ginjal

id Andy Cole ,Mantan striker MU Andy Cole galang dana guna penelitian ginjal,penelitian ginjal

Mantan striker MU Andy Cole galang dana guna penelitian ginjal

Foto Dokumentasi: Bintang sepak bola Manchester United berpose dengan mobil Chevrolet Camaro di booth General Motor Indonesia di IIMS 2013, Minggu (22/09/13). (GM Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Berkaca dari pengalamannya yang pernah menderita gagal ginjal, mantan striker Manchester United Andy Cole baru-baru ini menggalang dana untuk penelitian di bidang transplantasi ginjal sekaligus meningkatkan kesejahteraan para penderita penyakit ginjal.

Cole yang pernah memenangkan beberapa trofi di bawah asuhan Alex Ferguson di Old Trafford itu pernah mengalami gagal ginjal pada 2015 setelah terpapar virus saat melakukan tur ke Vietnam sebagai duta klub Manchester united.

Namun, tiga tahun lalu hidup Cole akhirnya berhasil diselamatkan oleh keponakannya yang bersedia menjadi donor ginjal.

Kini, melalui Andy Cole Fund yang bekerja sama dengan Kidney Research UK, Cole yang berusia 48 tahun itu pun bertekad untuk meningkatkan penelitian mengenai penyakit ginjal serta meningkatkan kesejahteraan para penderitanya.

“Mental saya cukup kuat untuk bermain sepak bola, tapi pertarungan terberat itu justru ketika saya harus melawan penyakit gagal ginjal. Saya tidak ingin orang lain merasakan apa yang pernah saya alami. Waktu itu, pertarungan mental terasa lebih berat ketimbang pertarungan fisik. Senjata utama kita adalah pikiran,” kata Cole dilansir dari AFP, Kamis.

“Saat ini, saya berharap bisa menemukan cara yang lebih baik untuk membantu kehidupan orang-orang yang menderita penyakit ginjal atau baru saja melakukan transplantasi ginjal. Saya pasti akan berjuang sepenuhnya,” ujar Cole.

Andy Cole Fund menargetkan pengumpulan dana hingga mencapai 500.000 poundsterling atau 625.000 dolar Amerika Serikat selama tiga tahun kedepan.

Mantan pemain timnas Inggris yang juga pernah membela klub Newcastle dan Manchester City itu sudah lima kali menyabet gelar juara Liga Premier, satu trofi Liga Champions serta dua piala FA bersama Manchester United.