Tujuh langkah agar lebih semangat bangun sahur

id Bangun sahur, semangat sahur, puasa, ramadhan,Tujuh langkah agar lebih semangat bangun sahur

Tujuh langkah agar lebih semangat bangun sahur

Ilustrasi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Rasa kantuk yang tak tertahankan kerap membuat bangun dini hari untuk makan sahur terasa berat. Bagaimanapun juga, sahur penting agar tubuh tetap berenergi selama puasa di bulan Ramadhan. Bila Anda butuh suntikan semangat untuk sahur, simak tujuh cara berikut seperti dikutip dari Gulf News, Rabu.

1. Tidur lebih cepat
Mudah diucapkan tapi mungkin lebih sulit dilakukan. Namun Anda harus berusaha istirahat lebih cepat dari biasanya agar bisa bangun lebih pagi. Dengan tidur lebih cepat, Anda akan lebih berenergi saat sahur karena sudah mendapat porsi istirahat cukup.

2. Letakkan alarm di tempat jauh
Anda akan mudah mematikan alarm bila posisinya ada di jangkauan tangan. Letakkan di tempat yang agak jauh, misalnya di meja seberang tempat tidur, agar ketika alarm berbunyi Anda mau tidak mau harus bangun untuk mematikannya.

3. Jangan konsumsi minuman kafein sebelum tidur
Bila Anda yang terbiasa minum kopi sebelum Ramadhan, mungkin agak sulit untuk menghentikan kebiasaan itu. Meski bersikeras meyakinkan segelas kopi saat buka puasa takkan berpengaruh, ada kemungkinan justru itu akan membuat Anda sulit tidur. Jika memungkinkan, coba kurangi minuman kafein selama bulan puasa agar bisa tidur cepat dan bangun lebih pagi.

4. Olahraga rutin
Olahraga bisa membantu Anda tidur lebih baik dan lebih cepat dari biasanya. Jalan kaki setelah buka puasa, bila dilakukan secara konsisten, bisa membuat Anda lebih cepat tidur. Olahraga dapat dilakukan persis sebelum buka puasa atau sekitar pukul 9 malam.

5. Jangan makan terlalu banyak saat buka puasa
Jangan "balas dendam" ketika buka puasa dengan mengonsumsi porsi makanan lebih banyak dari biasanya. Makan secukupnya, minum banyak air, lalu istirahat.

6. Jadikan rutinitas bersama keluarga
Bangun beramai-ramai bersama anggota membuat sahur jadi lebih menyenangkan. Ajak tiap orang untuk berbagi tugas dalam menyiapkan sahur, mulai dari menyeduh teh hangat, menyiapkan kurma atau memanaskan makanan.

7. Siapkan menu yang seru
Sebelum tidur, pikirkan menu sahur yang seru dan membuat Anda tak sabar bangun untuk menyantapnya. Siapkan menu yang lezat sesuai selera, tapi pastikan semuanya mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh.