Rapid test kontak erat pasien positif Barito Utara hasilnya non reaktif

id gugus tugas covid-19 barito utara,rsud muara reweh,non reaktif,rapid test kontak pasien positif barito utara

Rapid test kontak erat pasien positif Barito Utara hasilnya non reaktif

Warga menjalani rapid test terkait kontak erat dengan pasien positif COVID-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah Barito Utara di Muara Teweh, Rabu (27/5/2020).Dalam tes cepat itu sebanyak 46 orang dan 12 petugas medis dari dua puskesmas dengan hasil semua non reaktif.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Tes cepat atau rapid test yang dilakukan kepada 46 orang dan masing-masing enam orang dari Puskesmas Muara Teweh dan Puskesmas Lanjas yang merupakan kontak erat pasien positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah semuanya non reaktif.

"Betul, hasil rapid test mereka yang sempat kontak dengan tuan MA yang positif COVID-19 seluruhnya non reaktif atau negatif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Barito Utara Siswandoyo di Muara Teweh, Rabu.

Pemeriksaan hasil cepat ini dilakukan terhadap keluarga MA dan lainnya serta petugas medis dari petugas medis dari dua Puskesmas yang merupakan kontak eratnya  itu dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Barito Utara.  

"Alhamdulillah, semua kontak erat sudah di rapid test  dengan hasilnya non reaktif semua," kata dia lagi.

Baca juga: Seorang PDP Barito Utara dinyatakan positif COVID-19

Menurut dia, kegiatan rapid test selanjutnya akan dilakukan secara massal terhadap para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Muara Teweh dan komunitas lainnya.

"Kami masih berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat untuk data  pedagang di pasar dalam kota untuk di rapid test," katanya yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara itu.

Saat ini RSUD Muara Teweh merawat satu pasien positif COVID-19  tuan MA, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  yang rapid tesnya reaktif yakni NY yang merupakan istri dari MA hasil swab masih belum keluar, selain itu ada seorang perawat rumah sakit setempat juga reaktif yang sempat kontak dengan MA.

Berdasarkan data dari gugus tugas COVID-19 Barito Utara pada Rabu (27/5/2020) pasien positif di daerah secara kumulatif sebanyak empat orang dan tiga orang yang sebelumnya mendapat perawatan di Palangka Raya sudah sembuh.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar