Hasil rapid test pedagang di Muara Teweh semua non reaktif

id rapid test massal pasar di muara teweh,gugus tugas barito utara,hasil non reaktif

Hasil rapid test pedagang di Muara Teweh  semua non reaktif

Seorang pedagang menjalani rapid test di Pasar PBB Muara Teweh, Sabtu (30/5/2020).ANTARA/Kasriadi

Muara Teweh (ANTARA) - Tes cepat atau rapid test yang dilakukan Tim Gugus Tugas Penangangan COVID-19 Kabupaten Barito Utara terhadap 276 orang pedagang di empat pasar di Muara Teweh hasilnya semua non reaktif terkait COVID-19.

"Alhamdulillah, hasil tes cepat yang dilakukan sebanyak 276 orang pedagang di Muara Teweh hari ini sejak pagi hingga siang semuanya non reaktif," kata Juru Bicara Tugas Penanganan COVID-19 Barito Utara   Siswandoyo di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, ratusan para pedagang  pasar tradisional   ini berasal dari Pasar PBB  sebanyak 75 orang, Pasar Pendopo  yang didaftar 75 namun yang datang hanya 74 orang, Pertokoan Barito Permai  daftar sebelumnya 25 orang  bertambah menjadi 27 orang dan Pasar Ipu sebanyak 100 orang.

Baca juga: Hasil swab seorang perawat RSUD Muara Teweh kembali negatif

Skrining atau deteksi awal ini, kata dia, masing-masing dilakukan petugas medis di empat lokasi yakni di Pasar PBB di halaman parkir, Pasar Pendopo  di kios Blok A Nomor 27, Pertokoan Barito Permai  bertempat  di lantai II dan Pasar Ipu di halaman Madrasah Ibtidaiyah.
 
Sejumlah pedagang menunggu antrian untuk menjalani rapid test di Lantai II Pertokoan Barito Permai Muara Teweh, Sabtu (30/5/2020).ANTARA/Kasriadi

"Pemeriksaan secara sampling atau random di empat pasar ini hasilnya menggembirakan semuanya non reaktif," katanya.

Terkait hasil rapid test tenaga medis RSUD Muara Teweh yang dilakukan selama dua hari yakni kemarin dan hari ini.

"Rapid test kemarin diikuti 92 orang tenaga kesehatan dan Alhamdulillah semua  hasilnya non reaktif, sedangkan tes cepat nakes hari ini kami belum menerima laporan dari pihak RSUD Muara Teweh," kata dia yang juga menjabat Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Barito Utara ini. 

Baca juga: Tes swab istri MA hasilnya negatif

Sekretaris Daerah Barito Utara Jainal Abidin  saat melakukan peninjauan tes cepat di sejumlah pasar mengatakan rapid test massal ini merupakan gelombang pertama yakni untuk para pedagang pasar.

"Jadi kenapa kita pilih pasar karena  para pedagang mempunyai resiko tinggi tertular, tentunya kita berharap semua sehat walafiat.Namun kalau kita temukan ada kasus reaktif maka akan kita ambil tindakan untuk dilakukan isolasi dana akan dibantu oleh pemerintah daerah," ujar Jainal.   

Baca juga: Seorang PDP Barito Utara dinyatakan positif COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar