Pagi ini, 250 pedagang pasar di Muara Teweh jalani rapid test

id rapid test pedagang muara teweh,gugus tugas barito utara,rapid tes massal

Pagi ini, 250 pedagang pasar di Muara Teweh jalani rapid test

Sejumlah petugas melakukan persiapan lokasi untuk rapid test pedagang di lantai II Pertokoan Barito Permai Muara Teweh, Jumat (29/5/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Penangangan COVID-19 Kabupaten Barito Utara dijadwalkan Sabtu (30/5) melakukan tes cepat atau rapid test massal kepada 250 orang pedagang pada empat pasar di Muara Teweh.

"Pagi ini mulai jam 08.00 WIB sampai selesai sesuai data yang masuk ada 250 pedagang di rapid test di tempat pasar masing-masing," kata Juru Bicara Tugas Penanganan COVID-19 Barito Utara   Siswandoyo di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, ratusan para pedagang  pasar tradisional   ini berasal dari Pasar PBB  ada 50 orang, Pasar Pendopo  75 orang, Pertokoan Barito Permai 25 orang dan Pasar Ipu sebanyak 100 orang.

Lokasi skiring ini,  kata dia, ada di empat titik atau pasar yakni di Pasar PBB di halaman parkir, Pasar Pendopo  di kios Blok A Nomor 27, Pertokoan Barito Permai  bertempat  di lantai II dan Pasar Ipu di halaman Madrasah Ibtidaiyah.

"Data  para pedagang  yang akan di rapid test pagi ini  dari  Dinas Perdagangan dan Perindustrian," katanya.

Dia mengatakan rapid test  di daerah ini  nantinya  akan ditargetkan sebanyak  1.000 orang diantaranya dilakukan kepada para wartawan, penjaga posko darat dan posko air dan komunitas lainnya.

"Rapid test massal ini dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah ini," kata dia.

Siswandoyo mengatakan, saat ini petugas medis di RSUD Muara Teweh menjalani rapid test guna mendeteksi lebih dini terjangkitnya COVID-19 bagi petugas medis yang berada digarda terdepan menangani pasien yang terkait COVID-19.

"Tes cepat tenaga medis di RSUD  kemarin  jumlahnya  masih belum ada laporan, namun yang pasti rumah sakit kami berikan rapid test sebanyak 100 pcs khusus tenaga medis," kata dia yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara ini.