Duet Petronas Yamaha puncaki FP2 GP Ceko

id Duet Petronas yamaha,Gp ceko,Motogp

Duet Petronas Yamaha puncaki FP2 GP  Ceko

Pembalap Petronas Yamaha SRT's Fabio Quartararo (tengah) bersama pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi merayakan kemenangan di podium usai balapan MotoGP Andalusia Grand Prix di Circuito de Jerez, Jerez, Spanyol, 26 Juli 2020. Quartararo berhasil menjadi juara diikuti Vinales dan Rossi. ANTARA FOTO/REUTERS/Jon Nazca/aww.

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo bersaing ketat dengan rekan satu timnya di Petronas Yamaha, Franco Morbidelli untuk memuncaki catatan waktu sesi latihan bebas kedua (FP2) Grand Prix Republik Ceko, Jumat.


Pebalap bernomor 20 itu memacu motornya jelang akhir sesi untuk mencetak waktu terbaik satu menit 56,502 detik, sedangkan Morbidelli terpaut marjin sangat tipis 0,007 detik di peringkat kedua, demikian laman resmi MotoGP.

Miguel Oliveira dari tim KTM Tech 3 menyodok ke peringkat tiga besar, dengan selisih hanya 0,048 dari waktu Quartararo.

Pebalap tim Ensponsorama Racing Johann Zarco kembali finis P4 seperti di FP1 sebagai pebalap Ducati tercepat hari ini, kendati menggunakan mesin Ducati tahun lalu, terpaut 0,081 dari pemuncak sesi.

Sementara itu, runner-up klasemen Maverick Vinales finis 0,166 detik berselang di P5, sedangakan pebalap tim pabrikan Yamaha lainnya, Valentino Rossi hanya bisa finis P12.



Sebagian besar dari 22 pebalap yang turun di FP2 mampu lebih cepat dari catatan waktu mereka di FP1, terutama 10 pebalap teratas yang mengamankan slot sementara lolos ke Q2.

Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar finis P6 setelah mengungguli kakak-beradik Aleix Espargaro (Aprilia) dan Pol Espargaro (KTM Factory Racing).

Pemuncak FP1 Takaaki Nakagami finis P9 di depan Jack Miller sebagai pebalap Ducati kedua yang melengkapi peringkat 10 besar hari itu.

Francesco Bagnaia melewatkan sesi FP2 tersebut setelah menjalani pemeriksaan medis terhadap potensi cedera lutut kanannya ketika terjatuh di FP1.

Pebalap tim Pramac Racing itu kemudian bakal menjalani bedah dan dipastikan melewatkan balapan seri ketiga di Brno dan juga seri selanjutnya di Austria.

Juara bertahan Marc Marquez absen di Brno karena masih dalam pemulihan pascaoperasi kedua setelah lengannya patah di seri pembuka di Jerez bulan lalu. Marquez digantikan oleh test rider Honda Stefan Bradl.

Sedangkan Alex Marquez menambah keresahan tim Repsol Honda setelah mengalami kendala dengan motor RC213V hari itu.



Sepuluh besar catatan terbaik kombinasi latihan
1 F. QUARTARARO 1:56,502
2 F. MORBIDELLI +0,007
3 M. OLIVEIRA +0,048
4 J. ZARCO +0,081
5 M. VIÑALES +0,166
6 J. MIR +0,374
7 A. ESPARGARO +0,539
8 P. ESPARGARO +0,557
9 T. NAKAGAMI +0,571
10J. MILLER +0,607