Pernah operasi ginjal diangkat, Vidi Aldiano pilih olahraga ringan

id Vidi Aldiano,Pernah operasi ginjal diangkat, Vidi Aldiano pilih olahraga ringan

Pernah operasi ginjal diangkat, Vidi Aldiano pilih olahraga ringan

Vidi Aldiano ditemui dalam acara peluncuran video musik "I Don't Mind" di Jakarta, Jumat (14/9/2018). (ANTARA News/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Vidi Aldiano tetap aktif berolahraga meski salah satu ginjalnya telah diangkat, hal ini pun menjadi tanda tanya besar bagi para pengikutnya di sosialnya.

Melalui laman Instagram Story pribadinya, Vidi memberikan penjelasan perihal olahraga yang dijalaninya setiap hari. Vidi mengatakan olahraga tetap diperbolehkan asalkan tidak terlalu berat.

"Gue tuh sebenernya olahraga enggak berat-berat banget menurut gue, memang sekarang enggak bisa yang terlalu angkat-angkat beban yang kayak menghasilkan kreatinin banyak dan merobek otot, itu enggak boleh," kata Vidi dikutip Jumat.

Selama ini Vidi hanya melakukan olahraga bersepeda dan jogging. Dia mengaku cukup sadar dengan batasan yang boleh dilakukan dan tidak.

"Enggak boleh banyak olahraga dan kayak olahraga yang impact kayak boxing gitu. Nanti kalau perut ditinju terus, wow ginjal udah tinggal sebelah kanan ketinju, ketabok, kasihan dong. Itu gak boleh jadi gue cuma memperhatikan aja, lebih dengerin tubuh aja kalau udah capek ya udah stop," ujar pelantun "Bertahan Lewati Senja" itu.

Dalam sehari Vidi minimal harus meminum 3 liter air putih. Dia juga mengganti protein hewani dengan protein nabati untuk meringankan kerja ginjalnya.

"Gue harus mengontrol kreatinin level di dalam tubuh gue yang membuat berat kerja ginjal gue, nah itu diproduksi oleh protein hewan makanya gue sekarang ganti ke protein tumbuhan," kata Vidi.

Vidi divonis menderita kanker ginjal stadium 3 pada akhir tahun 2019. Dia lalu menjalani operasi dan salah satu ginjalnya terpaksa diangkat.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar