Jadi orang terkaya, ini harta yang dimiliki bos Amazon

id bos amazon Jadi orang terkaya, ini harta yang dimiliki bos Amazon,Jeff Bezos

Jadi orang terkaya, ini harta yang dimiliki bos Amazon

CEO Amazon Jeff Bezos (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Kekayaan bersih bos Amazon Jeff Bezos melonjak hingga mencapai 202 miliar dolar AS atau sekitar Rp2.955 triliun, angka yang belum pernah dicapai oleh siapa pun.

Hal itu didorong dengan harga saham Amazon yang melonjak hampir 3 persen pada Rabu (26/8), dikutip dari Financial Express.

Harga saham Amazon yang melonjak tersebut tidak hanya memperkaya Bezos, tetapi juga mantan istrinya, MacKenzie Scott, yang kini menjadi orang terkaya ke-13 di dunia dengan kekayaan bersih 66,2 miliar dolar AS.

Raksasa e-commerce Amazon.com mengalami pertumbuhan penjualan karena pelanggan beralih ke belanja online selama pandemi.

Menurut daftar miliarder Forbes dan Bloomberg, kekayaan bersih Jeff Bezos meningkat 5,3 miliar dolar AS. Dengan lonjakan saham yang terjadi baru-baru ini, bos Amazon itu saat ini memimpin daftar orang kaya setidaknya 80 miliar dolar AS di depan pendiri Microsoft Bill Gates.

Baca juga: Obat herbal racikan sendiri jadi pilihan warga Amazon untuk cegah COVID-19

Tahun ini, kekayaan bersih Bezos naik sebesar 87 miliar dolar AS, sementara Bill Gates menambahkan 11 miliar dolar AS. Amazon pada kuartal kedua tahun ini melaporkan lonjakan pendapatan menjadi 88,91 miliar dolar AS.

Penjualan tumbuh di tengah penutupan toko guna mencegah penyebaran COVID-19. Penjualan bahan makanan secara online di Amazon tercatat meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu pada kuartal April-Juni.

Sejak awal tahun ini, harga saham Amazon.com naik 82 persen 1.898 dolar AS per saham ditutup pada 3.441 dolar AS pada Rabu (26/8). Amazon telah meningkatkan operasi dan memperluas kapasitas untuk menangani lebih banyak permintaan karena pandemi.

Baca juga: Gunakan teknologi AI, Amazon peringatkan jarak fisik antara pekerja

Sementara itu, bos Tesla, Elon Musk juga merayakan pencapaian pada Rabu (26/8), karena kekayaan bersihnya mencapai 101 miliar dolar AS, menjadikannya orang keempat terkaya di dunia.

Saham Tesla naik lebih dari 6 persen selama sesi perdagangan Rabu (26/8), yang mendorong kekayaan Musk.

Pada 2020, sejauh ini, Musk telah menambahkan 73,6 miliar dolar AS ke dalam pundi-pundi kekayaannya karena harga saham naik 400 persen.

Selanjutnya, tokoh bisnis India, pemimpin, direktur pengelola dan pemilik saham terbesar di Reliance Industries, Mukesh Ambani duduk di posisi ke tujuh orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih 81 miliar dolar AS.

Baca juga: Panggilan video Amazon diuji untuk verifikasi pedagang online

Baca juga: Amazon hadirkan pesaing Google Stadia

Baca juga: Google dan Amazon batasi perjalanan karyawan yang tak penting akibat corona