Terdapat kemiripan tokoh, Disney hadapi tuntutan hukum

id disney,toy story,Terdapat kemiripan tokoh dalam film toy story, Disney hadapi tuntutan hukum

Terdapat kemiripan tokoh, Disney hadapi tuntutan hukum

Film "Toy Story 4" (ANTARA/Disney)

Jakarta (ANTARA) - Bos Disney menghadapi tuntutan hukum dari firma yang mengelola hak Evel Knievel atas kemiripan dalam salah satu karakter film "Toy Story 4", demikian dilansir Aceshowbiz.

Dalam film animasi yang dirilis pada 2019, Keanu Reeves mengisi suara untuk mainan yang meniru seorang pengendara sepeda motor bernama Duke Caboom.

Pengacara untuk K&K Promotions telah mengajukan gugatan terhadap Disney, Pixar dan anak perusahaan mereka, yang mengklaim bahwa mainan stuntman itu "menyobek" citra motor pemberani Amerika.

Menurut pengacara mereka, produser Disney tidak mendapatkan persetujuan apa pun untuk salah satu karakternya yang seperti Evel Knievel, yang diduga terdapat kesamaan antara mainan Duke Caboom dan aksi Evel di kehidupan nyata.

Baca juga: Peluncuran 'Black Widow' hingga 'Erernals' ditunda

Situs web K&K menyatakan bahwa mereka memiliki hak atas gambar Knievel untuk tujuan periklanan. Menurut gugatan mereka, karakter "Toy Story" didasarkan pada Evel dan model mainan wind-up dirilis atas namanya saat masih dalam puncak kejayaan.

Mereka juga menuduh bahwa pemeran diminta untuk menghindari penggunaan nama Evel selama wawancara untuk mengatasi masalah merek dagang.

Putra Knievel, Kelly dan juru bicara K&K mengatakan dalam siaran pers, "Evel Knievel tidak menggetarkan jutaan orang di seluruh dunia, mematahkan tulangnya dan menumpahkan darahnya hanya agar Disney bisa menghasilkan banyak uang."

"Dia tetap menjadi ikon yang langsung dikenali, seperti yang ditunjukkan oleh popularitas besar Evel Knievel Stunt Cycle yang dirilis ulang di antara anak-anak yang bahkan belum lahir ketika ayah saya meninggal belasan tahun yang lalu," kata Kelly melanjutkan.

Film ini menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar di seluruh dunia di box office, juga merilis mainan tie-in, termasuk yang menampilkan Duke Caboom.

Saat ini menurut TMZ, pengacara K & K ingin membawa Disney ke pengadilan dan meminta hakim untuk memberikan ganti rugi yang signifikan kepada mereka.

"Toy Story 4" sendiri masuk dalam Academy Awards ke-92 pada Februari lalu sebagai Lagu Asli Terbaik dan memenangkan kategori Film Animasi Terbaik.

Baca juga: Hasil awal perilisan 'Mulan' membuat Disney 'sangat senang'

Baca juga: Netflix dan Disney+ sensor mandiri di India

Baca juga: Harga premium Disney+ untuk menyaksikan 'Mulan'


 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar