Teras ingatkan protokol kesehatan dan keselamatan publik

id Teras Narang, Agustin Teras Narang, DPD RI, Komite 1 DPD RI,Kalimantan Tengah, Kalteng

Teras ingatkan protokol kesehatan dan keselamatan publik

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat melakukan dialog secara virtual dengan Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (8/12/2020). ANTARA/HO-Tim Teras Narang

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mengingatkan semua pihak, terkhusus di Provinsi Kalimantan Tengah, agar lebih optimal dalam memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan publik pada saat pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 pada tanggal 9 Desember 2020.

Permintaan itu disampaikan Teras Narang usai melakukan pemantauan dan berdialog dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau secara virtual, terkait berbagai persiapan dan pelaksanaan pilkada Kalteng tahun 2020, Selasa.

"Kesehatan menjadi prioritas kami dalam pemantauan Pilkada Kalteng 2020, terutama menyangkut kesiapan Alat Pelindung Diri serta dukungan kesehatan bagi penyelenggara dan pengawas, terlebih masyarakat. Ini harus benar-benar jadi perhatian semua pihak," ucapnya.

Senator asal Kalimantan Tengah itu dalam dialog dengan jajaran Bawaslu Pulang Pisau menyatakan, pentingnya protokol kesehatan ini agar keselamatan rakyat dapat terjaga sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo. Pihaknya juga berharap bahwa dukungan perlindungan kesehatan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu secara maksimal dapat diberikan. Cek kesehatan berkala yang maksimal menggunakan tes swab dinilai penting mengingat petugas banyak berinteraksi dengan masyarakat sehingga perlu upaya pencegahan dini.

Teras Narang pun menyampaikan apresiasi dan dukungan moril bagi kerja penyelenggara, pengawas dan pihak keamanan dalam Pilkada di Kalimantan Tengah khususnya Pulang Pisau. Tak lupa Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu menyampaikan pesan agar tetap waspada dengan pandemi Covid-19 agar kualitas demokrasi tetap terjaga di tengah pandemi. Hal ini menurutnya tantangan tersendiri, namun ia memberi dukungan moril pada jajaran Bawaslu Pulang Pisau.

“Saya yakin dan percaya melalui suatu proses yang panjang, Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau sudah siap dengan pelaksanaan Pilkada. Tentu masih ada kekurangan, tapi kita harap tidak ada penyebaran pandemi Covid-19”  tandasnya.

Baca juga: Teras Narang: dunia pendidikan di Kalteng harus menghasilkan SDM unggul

Sementara itu, Ubeng Itun selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau mengaku bahwa secara umum persiapan Pilkada 2020 di Kabupaten Pulang Pisau cukup baik dengan kondisi yang sejuk dan damai. Pendistribusian logistik termasuk Alat Perlindungan Diri juga telah didistribusikan jelang pelaksanaan Pilkada. 

Protokol kesehatan juga menurutnya diterapkan disertai dukungan moril bagi para pengawas dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke desa. 

"Kami tetap menjaga protokol kesehatan dan dukungan moril sehingga seluruh jajaran tetap bersemangat menjalankan tugas," ujar Ubeng yang didampingi Jinaldi selaku Koordinator Sekretariat dan Roby Hudin selaku Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Pulang Pisau.

Sebagai informasi, Komite I DPD RI sendiri sempat menolak penyelenggaraan Pilkada 2020 digelar pada Desember 2020 dan mengusulkan penundaan hingga akhir kuartal pertama 2021 mendatang. Hal ini dilatarbelakangi oleh berbagai survei, pendapat berbagai tokoh dan para ahli, serta menimbang keselamatan rakyat di tengah pandemi. 

Pemerintah, DPR RI, KPU RI dan Bawaslu RI kemudian memutuskan Pilkada tetap dilaksanakan. Atas keputusan ini, Komite I DPD RI pun mengambil langkah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ini untuk memastikan keselamatan rakyat dapat terpenuhi.

Baca juga: Reformasi birokrasi sejalan dengan Revolusi Mental, kata Teras Narang


Baca juga: Teras Narang ajak pemda dan masyarakat dukung Kalteng Cerdas