Legislator Kotim minta kerusakan jalan di Sampit segera diperbaiki

id Legislator Kotim minta kerusakan jalan di Sampit segera diperbaiki, DPRD Kotim, Muhammad Kurniawan Anwar, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Legislator Kotim minta kerusakan jalan di Sampit segera diperbaiki

Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur Muhammad Kurniawan Anwar saat meninjau jalan dan pembangunan sirkuit balap motor, Selasa (5/1/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kotim (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Muhammad Kurniawan Anwar meminta pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten segera berkoordinasi untuk memperbaiki kerusakan jalan yang cukup parah di sejumlah lokasi di daerah ini.

"Kondisi jalan sungguh sangat memprihatikan, terutama jalan dekat HM Arsyad dekat Bundaran KB, kerusakannya sudah berbulan-bulan," kata Kurniawan di Sampit, Rabu.

Selasa (5/1) politisi muda Partai Amanat Nasional ini turut bersama rombongan unsur pimpinan DPRD dan Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur meninjau sejumlah lokasi jalan di Sampit yang kondisinya rusak parah yaitu Jalan Pelita Barat, HM Arsyad dan Mohammad Hatta atau lingkar selatan Sampit.

Kerusakan di Jalan HM Arsyad terjadi di sejumlah titik sedangkan kerusakan jalan lingkar selatan terdapat sekitar 500 meter dekat Bundaran KB Jalan HM Arsyad dan sekitar 1,5 kilometer dekat Bundaran Balanga Jalan Jenderal Sudirman.

Mereka menyaksikan sendiri kendaraan roda dua dan kendaraan besar kesulitan melintas karena kerusakan jalan membentuk kubangan cukup dalam. Selain sangat mengganggu, kerusakan jalan tersebut juga sangat membahayakan keselamatan pengendara.

Baca juga: Ini rincian usulan formasi penerimaan ASN Pemkab Kotim

Kurniawan selaku wakil rakyat dari daerah pemilihan I Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait kondisi kerusakan jalan tersebut. 

Kerusakan jalan harus segera diperbaiki karena lalu lintas di ruas tersebut sangat tinggi. Selain akses menuju Pelabuhan Bagendang, ruas jalan itu juga menjadi akses utama menuju dan dari Kabupaten Seruyan.

Pemerintah provinsi selaku pihak yang berwenang terhadap ruas jalan tersebut, diharapkan merespons keluhan masyarakat dengan segera melakukan perbaikan. Koordinasi pemerintah provinsi dan kabupaten sangat diharapkan agar ada solusi penanganan kerusakan jalan tersebut dalam waktu cepat.

Kondisi jalan yang mulus akan membawa dampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan daerah. Ekonomi akan terus tumbuh jika didukung infrastruktur yang memadai.

"Kami di DPRD akan menekankan lagi kepada dinas terkait untuk mengalokasikan kembali anggaran yang dulu pernah sempat masuk pada 2020 dan kami tekankan untuk segera direalisasikan kembali untuk penanganan kerusakan jalan tersebut," demikian Kurniawan.

Baca juga: Kotim matangkan persiapan vaksinasi COVID-19