Masyarakat bantaran DAS Barito diminta waspadai banjir

id Dprd barsel, rusinah andelen, barito selatan, buntok, das barito, hujan, banjir, bantaran sungai barito

Masyarakat bantaran DAS Barito diminta waspadai banjir

Ilustrasi (Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah Rusinah Andelen mengimbau masyarakat khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito di wilayah setempat agar mewaspadai potensi banjir.

"Hal itu mengingat intensitas hujan dalam beberapa pekan terakhir ini tinggi yang menyebabkan debit air sungai mengalami peningkatan," kata Rusinah Andelen saat dihubungi dari Buntok, Senin.

Untuk itu ia mengingatkan masyarakat khususnya yang berada di bantaran sungai, agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir.

"Kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat terhadap banjir ini harus terus ditingkatkan," ucap politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Barito Selatan itu.

Ia juga mengharapkan pemerintah kabupaten melalui dinas terkait agar selalu memantau setiap saat kondisi debit sungai. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara penanggulangan apabila terjadi banjir.

Dikatakan Ketua Partai Nasdem Barito Selatan itu, pamantauan tersebut dilakukan supaya saat terjadi banjir, dinas terkait dapat segera mengambil langkah cepat.

"Kapan perlu melakukan evakuasi atau mendirikan posko-posko waspada banjir, supaya tidak terjadi korban jiwa," tambah dia.

Rusinah Andelen juga meminta kepada dinas terkait memfokuskan perhatiannya terhadap wilayah-wilayah rawan banjir.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai penyakit yang muncul saat musim penghujan seperti sekarang ini," jelasnya.

Karena lanjut dia, pada musim penghujan ini biasanya akan muncul penyakit diantaranya seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit lainnya.

"Masyarakat juga diminta agar terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), agar terhindar dari penyakit yang biasanya muncul pada saat musim penghujan seperti sekarang ini," demikian Rusinah Andelen.