Kesiapan Sinode Umum XXIV GKE capai 80 persen

id Gunung Mas,Ketua Perwakilan Majelis Sinode gke gumas,Kesiapan Sinode Umum XXIV GKE capai 80 persen,Rony Karlos

Kesiapan Sinode Umum XXIV GKE capai 80 persen

Ketua Perwakilan Majelis Sinode GKE Kabupaten Gumas Rony Karlos. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Perwakilan Majelis Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rony Karlos mengatakan kesiapan pelaksanaan Sinode Umum XXIV GKE telah mencapai 80 persen.

“Rencananya Sinode Umum XXIV GKE akan dilaksanakan 28 April sampai 1 Mei 2021, di Kuala Kurun. Sejauh ini kesiapan pelaksanaannya telah mencapai sekitar 80 persen,” ucapnya di Kuala Kurun, Rabu.

Rony yang juga merupakan Ketua Panitia Sinode Umum XXIV GKE di Kuala Kurun menjelaskan, awalnya pelaksanaan Sinode Umum XXIV GKE direncanakan berlangsung pada 8 – 12 Juli 2020 di Kuala Kurun. Namun karena terjadi pandemi COVID-19, pelaksanaannya terpaksa ditunda.

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta bersabar menunggu tahapan vaksinasi COVID-19

Mengingat pelaksanaan Sinode Umum XXIV GKE dilakukan di tengah pandemi COVID-19, maka peserta yang hadir dibatasi sekitar 102 orang. Jika ditambah beberapa pengurus Majelis Sinode GKE, diperkirakan sinode umum akan dihadiri sekitar 120 orang, di luar panitia.

Dia menyebut, guna mencegah terjadinya kerumunan, maka pelaksanaan Sinode Umum XXIV GKE dilakukan atau dibagi di tiga tempat yakni di Gedung Christian Center, Gereja Estomihi, dan Gereja Sion.

“Dua gereja ini kita pilih karena di sana memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan Zoom Meeting, jadi lebih praktis. Kemungkinan hanya perlu menambah kuota internet,” bebernya.

Pelaksanaan Sinode Umum XXIV dimulai pada 28 April 2021 yakni kedatangan peserta. Peserta yang datang ke Kuala Kurun akan menjalani rapid test atau tes cepat, untuk mengetahui kondisi para peserta.

Baca juga: Polres Gumas siap amankan ibadah Jumat Agung dan Paskah

Mereka juga akan diinapkan di hotel, dimana satu peserta menempati satu kamar. Walau Sinode Umum XXIV rencananya diikuti sekitar 120 orang, panitia tetap menyiapkan kamar lebih, guna mengantisipasi para peserta datang dengan didampingi sopir atau lainnya.

Lebih lanjut, panitia terus berkoordinasi dengan para donatur, yang mungkin bersedia menyediakan berbagai keperluan pelaksanaan Sinode Umum XXIV GKE, seperti baju atau spanduk, dan lainnya.

Panitia juga telah melakukan rapat dengan Majelis Sinode GKE dan Bupati Gumas Jaya S Monong, demi memastikan Sinode Umum XXIV GKE berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

“Saat ini kita juga sedang bersurat kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Gumas, karena kita perlu surat ijin pelaksanaan sinode umum. Nantinya juga akan disampaikan kepada pihak kepolisian,” jelas Rony.

Baca juga: Pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun telah dimulai

Baca juga: Legislator Gumas: Tetap taati prokes walau sudah dua kali vaksin

Baca juga: Penyuluh dan petani Gumas gotong royong kendalikan hama tikus