Pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun telah dimulai

id Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah ,Dinas Pekerjaan Umum,Pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun telah dimulai,gumas

Pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun telah dimulai

Salah satu titik di Jalan Katamso Kuala Kurun telah mulus, usai dilakukan pemeliharaan oleh DPU Gumas, baru-baru ini. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mulai melakukan pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun yang mengalami kerusakan.

Kepala DPU Gumas Baryen melalui Kepala Bidang Bina Marga Bambang Jaya di Kuala Kurun, Selasa mengatakan pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun dilakukan di tiga ruas jalan.

“Sesuai dengan rencana kita di awal tahun 2021 yakni pemeliharaan rutin ruas jalan yang mengalami kerusakan, untuk dalam kota dilakukan di Jalan Tjilik Riwut, Katamso, dan KS Tubun,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pada awal tahun 2021 ini pemeliharaan ruas jalan dalam Kota Kuala Kurun hanya dilakukan di Jalan Tjilik Riwut, Katamso, dan KS Tubun mengingat keterbatasan anggaran.

Baca juga: Legislator Gumas: Tetap taati prokes walau sudah dua kali vaksin

Sejauh ini beberapa titik yang rusak telah dilakukan pengaspalan. Namun ada juga yang belum dilakukan pengaspalan, seperti dua titik di Jalan Katamso yang mengalami kerusakan cukup parah.

“Di Jalan Katamso ada dua lubang yang cukup besar, jadi tidak bisa langsung ditutup dengan aspal. Mungkin akan kita lakukan pengecoran terlebih dahulu supaya kuat, baru setelah itu diaspal,” bebernya.

Nantinya jika pengerjaan pemeliharaan rutin terhadap dua lubang yang cukup besar di Jalan Katamso mulai dilakukan, maka akan ada penutupan sementara arus lalu lintas di daerah setempat.

Dia pun meminta kepada masyarakat agar memaklumi jika ada penutupan sementara arus lalu lintas di titik-titik yang akan dilakukan pemeliharaan ruas jalan, karena penutupan arus lalu lintas sifatnya hanya sementara.

Lebih lanjut, DPU Gumas menargetkan pengerjaan pemeliharaan jalan di tiga ruas jalan tadi dapat selesai dengan cepat. Akan tetapi, pengerjaan pemeliharaan ruas jalan juga tergantung dengan kondisi cuaca.

“Kondisi cuaca saat ini yang sering hujan memang menjadi kendala. Jadi kalau hujan maka pengerjaan pemeliharaan ruas jalan terpaksa dihentikan dahulu sampai kondisi kering,” jelas Bambang Jaya.

Baca juga: Penyuluh dan petani Gumas gotong royong kendalikan hama tikus

Baca juga: Distan Gumas obati ternak milik warga yang sakit

Baca juga: Ketua DPRD Gumas imbau masyarakat tetap tenang terkait teror bom