Terus torehkan prestasi, BRI pimpin daftar perusahaan paling bernilai di Indonesia

id BRI, BBRI, Forbes Global 2000, World's Largest Public Companies

Terus torehkan prestasi, BRI pimpin daftar perusahaan paling bernilai di Indonesia

BRI. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...terdapat enam perusahaan publik di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut dan BRI menempati peringkat tertinggi diantaranya...
Palangka Raya (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menorehkan prestasi tingkat dunia meski saat ini masih di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan terbaru, Forbes 2021 Global 2000 World’s Largest Public Companies menobatkan BRI sebagai perusahaan publik paling bernilai di Indonesia.

"Pencapaian ini merupakan bukti komitmen BRI yang dapat menjaga kinerja yang sustain dengan fokus pada penyelamatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangan pers yang diterima di Palangka Raya, Selasa.

Selain itu BRI senantiasa menjadi partner strategis pemerintah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terus digencarkan sebagai upaya mengatasi dampak dari pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.

Adapun secara keseluruhan, BRI menempati peringkat ke-362 diantara 2.000 perusahan publik terbaik di dunia. Selain itu bank yang saat ini dibawah kepemimpinan Sunarso tersebut juga berhasil masuk ke dalam daftar World Best Banks 2021 versi Forbes.

Mengutip laman resmi Forbes, terdapat enam perusahaan publik di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut dan BRI menempati peringkat tertinggi diantaranya. Pencapaian ini menjadikan BRI menempati posisi tertinggi untuk tujuh tahun berturut-turut.

Daftar Global 2000: The World’s Largest Public Companies bersumber dari sistem FactSet Research yang melakukan seleksi terhadap 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia dalam empat aspek: sales, profit, assets dan market value.

Kendati kondisi pasar kurang menguntungkan dan sangat menantang dikarenakan pandemi COVID-19, BRI sendiri masih mampu mencatatkan kinerja yang baik. Dari sisi penjualan, BRI berada di peringkat 1.007 dan profitabilitas berada diurutan 529, sedangkan aset di peringkat 354, serta nilai pasar berada di urutan 505.

Bank yang fokus di segmen UMKM dan berkode BBRI ini mencatatkan pendapatan sekitar USD10 miliar, aset mencapai USD107,6 miliar serta keuntungan sebesar USD1,3 miliar.

Secara keseluruhan, dari 2.000 perusahaan yang masuk dalam daftar Forbes Global 2000 ini, mengalami kenaikan kapitalisasi pasar sebesar 47 persen menjadi USD79,8 triliun, dengan pendapatan turun 6 persen menjadi USD39,8 triliun dengan keuntungan turun 24 persen menjadi USD2,5 triliun.