Barut tanam perdana padi sawah organik Inpari 30

id tanam padi perdana,barito utara,inpari 30,kalteng,mt asep,padi organik

Barut tanam perdana padi sawah organik Inpari 30

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra bersama Ketua PKK setempat Hj Sri Hidayati Nadalsyah dan pejabat terkait lainnya melakukan penanaman perdana padi sawah organik MT Asep dilakukan di Desa Paring Lahung, Kecamatan Montallat, Senin (21/6/2021).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Kelompok Tani Mitra Laba binaan Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, di Desa Paring Lahung, Kecamatan Montallat melaksanakan tanam perdana padi sawah organik varietas Inpari 30 pada  Musim Tanam April - September (Asep) 2021. 

Tanam perdana padi sawah MT Asep dilakukan Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Ketua PKK setempat Hj Sri Hidayati Nadalsyah dan pejabat terkait lainnya di Desa Paring Lahung, Kecamatan Montallat, Senin.

Dalam rangka pencapaian Swasembada Pangan dan pemanfaatan potensi lahan pertanian, Kelompok Tani Mitra Laba dibawah binaan Bupati Barito Utara melaksanakan tanam perdana padi organik. 

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan Dinas Pertanian mendukung dari sisi teknis terkait penanaman dan hal teknis lainnya. 

"Alhamdulillah Barito Utara untuk musim tanam Asep 2021, penanaman padi seluas 1.000 hektare," kata Syahmiludin. 

Menurut dia, biasanya pada musim tanam Oktober - Maret (Okmar) yang banyak petani menanam padi sedangkan di musim Asep sangat jarang yang menanam padi. 

Sistem pengairan yang digunakan yakni sistem pompanisasi, dimana saat ini masih menggunakan diesel sebagai penggerak pompanya. 

"Nanti akan digunakan solar sel untuk sistem kelistrikannya, sehingga nantinya dapat diaplikasikan oleh para petani lainnya," kata Syahmiludin

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan bahwasanya Bupati Barito Utara Nadalsyah seyogyanya yang akan mengikuti tanam perdana, tetapi saat ini sedang melaksanakan tugas luar. 

"Beliau sedang di Jakarta mengurus infrastruktur untuk Barito Utara, sehingga tidak dapat berhadir secara langsung," jelas Sugianto. 

Wakil Bupati juga mengatakan bahwa Bupati sangat konsisten melakukan pembangunan-pembangunan baik infrastruktur dan pertanian maupun bidang lainnya. 

"Sudah selayaknya Bupati Barito Utara menjadi Bapak Pembangunan Barito Utara," kata Sugianto.

Penanaman padi sawah yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Mitra Laba bisa dijadikan contoh bagi para petani di Kabupaten Barito Utara. 

"Bupati berpesan Ayo bertani, karena bertani itu keren" ujar Wabup Sugianto.