DPRD dukung pemkot perluas jaringan internet di daerah terpencil

id Dprd palangka raya, riduanto, kalteng, kalimantan tengah, jaringan internet

DPRD dukung pemkot perluas jaringan internet di daerah terpencil

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Riduanto. ​​​​​​​ (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Riduanto sangat mendukung pemerintah kota setempat memperluas jaringan internet hingga ke daerah terpencil.

"Kami mengapresiasi pemkot yang rencananya akan melakukan perluasan jaringan internet ke daerah terpencil, karena banyak keuntungan yang akan didapat masyarakat," kata Riduanto di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, jaringan internet di daerah jauh dibandingkan perkotaan, karena selama ini memang terbatas. Maka apabila perluasan internet bisa terealisasi di pelosok daerah, akan sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat.

Salah satunya adalah, mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, serta masyarakat juga bisa mengurus layanan administrasi di sejumlah instansi hanya dengan menggunakan sistem daring atau online.

"Di tengah pandemi COVID-19 seperti ini kebutuhan internet untuk anak sekolah sangatlah penting, karena mereka menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ)," ungkapnya.

Politisi PDIP itu menegaskan, tidak hanya peserta didik, pegawai yang ada di pemkot setempat kini melaksanakan rapat melalui konferensi video.

Bahkan pelaku usaha juga disuruh melek teknologi agar bisa mempromosikan produk atau jualannya kepada masyarakat, dengan memanfaatkan media sosial sepeeti Facebook hingga Instagram.

"Kalau pelaku usaha bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau dagangannya, maka perputaran ekonomi di Palangka Raya di tengah pandemi COVID-19 akan tetap berjalan dengan baik," beber Riduanto.

Ditambahkan Politisi yang tergabung di Komisi C DPRD setempat, bagi warga yang tinggal di Kecamatan Bukit Batu dan Rakumpit, selama ini sangat mendambakan adanya akses jaringan internet yang memadai masuk ke wilayah mereka.

Apabila nanti benar terealisasi, maka warga juga mudah mengakses informasi yang juga bisa dimanfaatkan dalam hal-hal baik khususnya yang sifatnya membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Jadi sangat tepat bila perluasan jaringan internet bisa mengarah ke Kecamatan Bukit Batu dan Rakumpit. Kami akan sangat mendukung," demikian Riduanto.