Berikut jumlah vaksin yang masih diperlukan Gunung Mas

id Pemkab gumas, gunung mas, vaksinasi, vaksinasi gumas, bupati gumas jaya s monong, ary egahni, anggota dpr ri, pandemi covid 19, kalimantan tengah, kal

Berikut jumlah vaksin yang masih diperlukan Gunung Mas

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Anggota DPR RI Ary Egahni dan lainnya, memantau vaksinasi massal di GPU Damang Batu, Kuala Kurun, Sabtu, (14/8/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan pihaknya masih memerlukan 17.152 vial vaksin, agar target vaksinasi di kabupaten setempat tercapai.

“Target vaksinasi untuk masyarakat kita di Gumas adalah 103.934 orang,” ucap dia saat menghadiri vaksinasi massal di Kuala Kurun, Sabtu.

Seiring berjalannya waktu, tutur ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini, sebagian masyarakat Gumas telah mengikuti vaksinasi COVID-19, baik itu dosis pertama maupun dosis kedua.

Pada vaksinasi massal yang diselenggarakan Anggota DPR RI Ary Egahni, Gumas mendapat alokasi 50 vial vaksin. Dengan adanya tambahan 50 vial tersebut, Gumas masih memerlukan 17.152 vial.

Dia menyebut, pemkab dan rekan-rekan Forkopimda yang tergabung dalam Satgas COVID-19 berharap Ary Egahni bisa turut memperjuangkan keperluan Gumas terhadap vaksin.

Saat ini, sambung suami dari Mimie Mariatie tersebut, fasilitas pelayanan kesehatan di Gumas terus melakukan vaksinasi. Untuk persediaan dosis yang tersedia adalah sekitar 3.800 dosis.

“Kalau dihitung-hitung waktu, diperkirakan tidak lama lagi persediaan vaksin yang ada saat ini akan habis. Sebenarnya target vaksinasi bisa lebih banyak, namun kendalanya adalah ketersediaan vaksin,” paparnya.

Lebih lanjut, dia juga mengimbau masyarakat di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, agar tidak ragu mengikuti vaksinasi. Dia meyakinkan masyarakat bahwa vaksin sudah terbukti aman dan halal.

Sementara itu Ary Egahni mengatakan, dirinya akan menyampaikan keperluan vaksin di Gumas kepada pemerintah pusat. Tidak hanya Gumas, namun juga seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kalteng.

“Beberapa waktu lalu Kapolda Kalteng juga mengatakan dalam minggu-minggu ini vaksin akan segera datang. Tinggal bupati bersurat kepada pemprov, supaya vaksin bisa disalurkan ke Gumas,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Gumas Maria Efianti mengatakan, total kebutuhan vaksin di kabupaten setempat untuk dua kali suntik adalah sebanyak 207.838 dosis.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan Anggota DPR RI Ary Egahni, jumlah vaksin yang sudah disuntikkan sebanyak 32.002 dosis.

Jika seluruh vaksin dari Anggota DPR RI tersebut terpakai, maka jumlah vaksin yang sudah disuntikkan sebanyak 32.502 dosis. Saat ini di gudang farmasi Dinkes Gumas tersedia lebih dari 3.000 dosis. Artinya jumlah vaksin yang masih diperlukan oleh Gumas adalah sebanyak 171.516 dosis.