Dekranasda promosikan produk Kalteng melalui 'Rumah Kriya Asri'

id Dekranasda kalteng, yulistra ivo sugianto sabran, dekranas, dewan kerajinan nasional, produk lokal, ikm kalteng, promosi produk kalteng, palangka raya

Dekranasda promosikan produk Kalteng melalui 'Rumah Kriya Asri'

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat mengikuti kegiatan pameran online "Rumah Kriya Asri" yang diselenggarakan oleh Dekranas RI, Palangka Raya, Rabu, (15/9/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah berpartisipasi dalam pameran daring atau online Rumah Kriya Asri yang diselenggarakan Dekranas RI.

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, partisipasi pihaknya dalam kegiatan ini sebagai dukungan untuk menyukseskan pameran online oleh Dekranas, sekaligus mempromosikan produk lokal.

"Kami dalam kesempatan ini mempromosikan berbagai produk khas Kalteng," katanya usai kegiatan.

Berbagai produk khas Kalteng yang dibuat oleh para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) tersebut, terjual habis atau 'sold out' selama kegiatan yang meliputi tas olahan dari rotan dan lainnya.

"Antusiasme dari pusat, peminatnya luar biasa terhadap produk Kalteng. Bahkan mereka juga meminta dikirimkan lagi produk lainnya," terangnya.

Ivo yang juga merupakan Ketua TP PKK Kalteng ini menyampaikan, produk-produk yang Dekranasda promosikan tersebut berasal dari IKM 14 kabupaten dan kota di provinsi setempat, diantaranya Palangka Raya, Barito Selatan, Sukamara serta lainnya.

Pihaknya menilai produk-produk IKM Kalteng terus berkembang dan bertumbuh, terbukti dengan berbagai produk yang semakin kreatif dan inovatif mengikuti tren masa kini.

Hal ini tentunya merupakan potensi yang luar biasa, sehingga harus terus ditingkatkan serta diperluas jangkauan pemasarannya, salah satunya dengan memaksimalkan promosi melalui ruang digital, baik media sosial maupun berbagai e-commerce yang tersedia.

"Kami berupaya lebih mendorong promosinya agar semakin maksimal melalui ruang digital," ungkap Yulistra Ivo.

Menurutnya pemanfaatan digitalisasi sejauh ini sudah cukup baik oleh para IKM di Kalteng dan pihaknya juga rutin menggelar bimtek dengan melibatkan para narasumber yang kompeten di bidangnya.

"Untuk masyarakat Kalteng ayo gunakan produk kerajinan dari daerah kita. Kita tidak hanya bangga terhadap produk lokal, tetapi dengan membeli juga sebagai dukungan terhadap kelangsungan para pengrajin," paparnya.

Adapun dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga terus mendukung pengembangan dan perluasan jangkauan pasar produk-produk IKM yang dilakukan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian provinsi setempat.