Berikut target Lasqi Mura pada FSQ tingkat provinsi

id Lasqi murung raya, fsq, festival seni dan qasidah, puruk cahu, kalteng, kalimantan tengah, mtq, stq

Berikut target Lasqi Mura pada FSQ tingkat provinsi

ILUSTRASI - Seni musik qasidah. (ANTARA/Budi Afandi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Seni dan Qasidah (DPD Lasqi) Kabupaten Murung Raya menargetkan meraih gelar juara pada Festival Seni dan Qasidah (FSQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan tahun 2021 ini.

Target tersebut disampaikan oleh DPD Lasqi Murung Raya sesudah mengikuti pertemuan teknis secara daring untuk persiapan FSQ dan Pop Religi ke VIII yang diikuti oleh seluruh pengurus DPD Lasqi se-Kalteng, Kamis (23/9) malam.

"Bukan tanpa alasan Murung Raya menargetkan gelar juara, sebab kami rutin melakukan pembinaan dan pelatihan kepada peserta yang akan berlaga membawa nama daerah nantinya," kata Ketua DPD Lasqi Mura, Rahmanto Muhidin.

Adapun dikarenakan masih dalam masa pendemi COVID-19, maka tahun ini pelaksanaan FSQ tingkat provinsi lombanya dibatasi, yakni hanya cabang bintang vokalis dan pop religi.

Tak hanya itu, untuk pelaksanaan FSQ dan Pop Religi nanti pun dikatakan Rahmanto, dilakukan dengan hanya mengirimkan video penampilan peserta dan tentu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dikatakan Rahmanto, untuk FSQ nanti Murung Raya akan mengikuti dua kategori lomba, baik itu bintang vokalis qasidah tingkat anak-anak, remaja, dewasa putra dan putri

Begitu pun cabang pop religi, dari Mura akan mengikuti tingkat anak-anak, remaja putra dan putri. Total peserta dari Mura nanti berjumlah 10 orang.

"Mudah-mudahan peserta dari Murung Raya nanti bisa berprestasi kembali di tingkat nasional mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Tengah, seperti Ruslina asal Desa Muara Sumpoi yang menjadi juara 1 FSQ tingkat nasional tahun 2017 lalu," jelasnya yang juga menjabat Wakil Ketua II DPRD Murung Raya tersebut.

Sementara itu mendampingi Ketua Lasqi Mura mengikuti pertemuan teknis secara daring itu, diantaranya Wakil Ketua I Dina Maulidah, Wakil Ketua II Wilson, Bendahara Umum Bahransyah serta jajaran pengurus DPD Lasqi Murung Raya.

Untuk perekaman video penampilan peserta dimulai dari 25 September sampai 6 Oktober 2021, sedangkan pengiriman video lomba paling lambat diterima panitia 7 Oktober 2021. Sementara hasil penilaian dewan juri akan diumumkan pada 10 Oktober 2021 nanti.