Mengenalkan budaya melalui literasi digital

id Literasi digital, indonesia makin cakap digital, siberkreasi, kominfo, kuala kurun, gunung mas, kalteng

Mengenalkan budaya melalui literasi digital

Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Gunung Mas, Kamis, (14/10/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Literasi digital merupakan kecakapan dan pengetahuan menggunakan media digital, alat komunikasi hingga jaringan untuk menemukan, menggunakan dan membuat informasi, serta memanfaatkannya dalam upaya membina komunikasi dan interaksi.

"Banyak hal maupun kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia melalui literasi digital, salah satunya mengenalkan budaya yang dimiliki," kata narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital Jihan Novitasari wilayah Gunung Mas, Kamis.

Ragam budaya Indonesia diantaranya seperti bahasa, kesenian, pakaian tradisional, adat istiadat, serta kuliner. Berbagai budaya ini bisa dikenalkan melalui jenis konten digital yang bermacam-macam, seperti artikel, video blog, foto dan lainnya.

Jihan yang berprofesi sebagai seorang Produser TV ini menjabarkan contoh-contoh dalam mengenalkan budaya Indonesia di ruang digital, seperti melalui foto kesenian tari maupun makanan tradisional, rumah adat, hingga masyarakat yang dengan bangganya mengenakan batik.

"Untuk itu ada sejumlah tips yang perlu diketahui masyarakat saat membuat konten digital, diantaranya yakni menentukan tujuan yang ingin dicapai," ungkapnya.

Kemudian memahami minat orang lain, melakukan riset konten seperti mengaitkannya dengan hal yang sedang populer, serta menyesuaikan dengan pengikut di dunia maya atau target audiensi.

Kemudian menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, memanfaatkan metode penulisan yang menarik, menjadi diri sendiri, serta menjaga konsistensi.

Adapun cara menjangkau sasaran masyarakat atau audiensi yang lebih luas bisa dilakukan dengan menggunakan hashtag maupun iklan berbayar, agar promosi bisa benar-benar dimaksimalkan.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang dimiliki 'we are social media and hootsuite 2021' kanal digital yang sering digunakan masyarakat yakni Youtube, WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, FB Massenger, TikTok, hingga Telegram.

Ia berharap agar masyarakat Indonesia semakin bisa memanfaatkan digitalisasi saat ini untuk berbagai hal positif, salah satunya yakni mengenalkan budaya yang dimiliki kepada masyarakat luas.