Gumas targetkan vaksinasi pada akhir November minimal capai 50 persen

id Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,vaksin covid 19,Gumas targetkan vaksinasi pada akhir November minimal capai 50 persen

Gumas targetkan vaksinasi pada akhir November minimal capai 50 persen

Sekda Gumas Yansiterson (tengah) didampingi Plt Kepala Dinkes Evelnie (kiri) dan Sekretaris BPBD Karya saat memimpin rapat percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Selasa (23/11/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah terus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19, demi tercapainya target vaksinasi secara merata di 12 kecamatan yang ada di wilayah setempat.

Sekda Gumas Yansiterson usai memimpin rapat percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kuala Kurun, Selasa, mengatakan bahwa target vaksinasi pada akhir November 2021 minimal bisa mencapai 50 persen.

“Per 22 November 2021, capaian vaksinasi dosis pertama di Gumas ada di angka 49,49 persen dan target minimal 50 persen bisa dicapai dalam satu atau dua hari ke depan,” ucapnya.

Akan tetapi, tutur dia, jika dilihat data per kecamatan maka capaian saat ini berkat kontribusi lima kecamatan yang capaiannya sudah di atas 50 persen, sedangkan tujuh kecamatan lagi belum mencapai 50 persen.

Baca juga: Perangkat daerah Gumas diminta dukung percepatan penerapan e-kinerja

Adapun lima kecamatan yang sudah di atas 50 persen adalah Manuhing, Sepang, Mihing Raya, Kurun, dan Rungan Barat. Kecamatan dengan capaian terendah adalah Tewah yang baru mencapai 27,80 persen.

Pelaksanaan vaksinasi di Manuhing, Sepang, Mihing Raya, Kurun dan Rungan Barat didukung pergerakan yang masif dari camat, lurah, kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, RW dan RT, bersinergi dengan pemangku kepentingan yang ada.

“Cara-cara ini hendaknya bisa diadopsi oleh kecamatan-kecamatan lain, karena terbukti lima kecamatan tadi capaian vaksinasinya sudah di atas 50 persen. Bahkan di Manuhing sudah di atas 80 persen,” paparnya.

Selain itu, dalam rangka akselerasi capaian vaksinasi perlu didukung kehadiran seluruh kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Gumas. Nantinya kepala perangkat daerah akan disebar di seluruh kecamatan.

Dia mengingatkan kepada masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ agar tidak termakan hoaks atau informasi bohong terkait vaksinasi. Seluruh pihak diminta menyosialisasikan hal yang benar terkait vaksinasi.

Masyarakat hendaknya jangan ragu mengikuti vaksinasi COVID-19, karena vaksin sudah terbukti aman dan dinyatakan halal. Vaksinasi bertujuan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok, yang artinya demi melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Gumas Evelnie mengatakan target vaksinasi se-kabupaten setempat berjumlah 101.495 orang. Hingga 22 November 2022, capaian vaksinasi dosis pertama adalah 49,49 persen dan capaian dosis kedua 27,23 persen.

“Kecamatan dengan capaian vaksinasi tertinggi se Gumas adalah Manuhing. Di sana target vaksin berjumlah 7.092 orang dan capaian dosis pertama adalah 84,91 persen,” demikian Evelnie.

Baca juga: DPRD Gunung Mas minta Dinkes antisipasi ancaman DBD

Baca juga: Kepercayaan masyarakat Gumas kepada kaum perempuan semakin meningkat

Baca juga: Legislator Gumas berharap capaian prestasi FTIK meningkat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021