Enam warga Bandung terkena Omicron

id Omicron,Enam warga Bandung terkena Omicron,Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Enam warga Bandung terkena Omicron

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

Bandung (ANTARA) - Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan pihaknya melacak untuk mengetahui sumber transmisi lokal yang menyebabkan enam warga terpapar COVID-19 varian Omicron.

Menurut Yana di Bandung, Jumat, enam orang itu kemungkinan tertular varian Omicron secara lokal, karena mereka tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

"Jadi kita tracing (lacak) benar, dari mana mereka kemungkinan mendapatkan paparan," kata Yana.

Menurutnya COVID-19 ini pasti bakal mengalami mutasi dengan menimbulkan sejumlah varian. Namun yang perlu diwaspadai juga, karena Omicron ini merupakan varian yang menular sangat cepat.

"Jadi diingatkan Pemerintah pusat, satu waktu penyebarannya ini akan terjadi di semua wilayah, termasuk di Kota Bandung," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan masyarakat tidak perlu panik atas adanya kasus Omicron di Kota Bandung.

Menurutnya protokol kesehatan menjadi kunci untuk melawan COVID-19.

"Saya pikir teman teman tentunya selama ini selalu mengingatkan warga untuk protokol kesehatan saja di tempat tempat keramaian. Insya Allah kuncinya protokol kesehatan," katanya.

Adapun enam orang tersebut dinyatakan terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pengetesan Whole Genome Sequecing (WGS) yang dilakukan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat. Enam orang itu diketahui merupakan warga Kota Bandung.