Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot antisipasi masuknya Omicron BA.4 dan BA.5

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Gejala Oimicron,Sigit K Yunianto,Omicron BA.4 dan BA.5

Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot antisipasi masuknya Omicron BA.4 dan BA.5

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto saat memantau vaksinasi terhadap pelajar di daerah setempat beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo      

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta pemerintah kota (pemkot) di setempat, untuk dapat mengantisipasi masuknya wabah Omicron B4.4 dan BA.5 yang memiliki karakteristik dasar kemiripan dengan Omicron asli.

"Lebih baik diantisipasi terlebih dahulu terkait wabah Omicron BA.4 dan BA.5, agar daerah kita terbebas dari yang namanya virus varian baru tersebut," katanya saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Selasa.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya itu menuturkan, memang dirinya belum mengetahui secara detail terkait gejala-gejala virus BA.4 dan BA.5.

Baca juga: Legislator: Waspada aksi penipuan mengatasnamakan lembaga perbankan

Namun dengan adanya informasi munculnya virus tersebut, alangkah baiknya masyarakat diminta tetap membiasakan pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Membiasakan pola hidup sehat dan menerapkan prokes juga salah satu mencegah, agar virus tersebut tidak menyerang ketahanan tubuh kita," katanya.

Subvarian BA.4 dan BA.5 diduga mudah menular dan dapat menginfeksi ulang penyintas COVID-19. Selain itu, gejalanya serupa dengan Omicron yakni tenggorokan gatal, pilek dan demam.

Baca juga: Disdukcapil Palangka Raya diminta perbanyak publikasi terkait layanan informasi

Hanya saja masa inkubasi subvarian selama dua sampai tiga hari saja. Persoalan adanya virus tersebut, banyak masyarakat di 'Kota Cantik' yang tidak mengetahui tentang hal itu.

"Saya mengimbau kepada warga Kota Palangka Raya jangan panik, meskipun informasinya subvarian BA.4 dan BA.5, itu sudah ada menyerang di daerah lain seperti wilayah Pulau Jawa dan sekitarnya," ungkapnya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng itu menyampaikan, agar masyarakat yang bepergian dari luar daerah agar tetap mentaati prokes.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta perhatikan infrastruktur RSUD kota

Bahkan jangan pernah menyepelekan yang namanya prokes ketika berada di luar daerah. Terus tingkatkan kewaspadaan, meskipun gejalanya ringan.

"Peran pemerintah setempat dalam mensosialisasikan persoalan itu, harus digencarkan. Karena dengan adanya informasi tersebut, tentunya masyarakat akan waspada dan selalu mentaati anjuran dari pemerintah," demikian Sigit K Yunianto.

Baca juga: Rapat paripurna DPRD Palangka Raya diharapkan mulai tatap muka

Baca juga: Ketua DPRD: Hari Lahir Pancasila momen tumbuhkan patriotisme kebangsaan

Baca juga: Ketua DPRD dukung PTM dilaksanakan seluruh sekolah di Palangka Raya

Baca juga: Rotasi pejabat di Pemkot Palangka Raya harus tingkatkan kinerja dan pelayanan publik