KPU Palangka Raya sayembarakan maskot Pilkada 2024

id KPU Palangka Raya sayembarakan maskot Pilkada 2024, kalteng, Palangka raya, politik, Kpu

KPU Palangka Raya sayembarakan maskot Pilkada 2024

KPU Palangka Raya sayembarakan maskot Pilkada 2024. ANTARA/HO-KPU Kota Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan sayembara terkait desain maskot pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

"Sayembara ini terbuka untuk seluruh masyarakat yang merupakan warga Kota Palangka Raya yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTP elektronik," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Joko Anggoro di Palangka Raya, Senin.

KPU mengajak warga untuk tidak ragu mengikuti sayembara tersebut. Namun, sayembara atau lomba desain maskot Pilkada Serentak 2024 Kota Palangka Raya ini tidak berlaku bagi penyelenggara.  

"Nantinya seluruh hasil karya yang masuk, menjadi milik KPU Kota Palangka Raya," katanya.

Dia menerangkan, hasil karya yang disampaikan peserta terakhir pada 3 Mei, mulai pukul 08.00 WIB hingga 23.59 WIB. Desain maskot harus karya pribadi dan bukan merupakan plagiasi.

Ketentuan lainnya, adalah bahwa maskot harus bisa diaplikasikan di media cetak, media digital berupa soft file dalam bentuk animasi sebagai sebagai merchandise dan kostum untuk media sosialisasi atau promosi.

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru

"Desain maskot ini harus menggambarkan ciri khas Kota Palangka Raya dan menggunakan warna dasar KPU dan turunannya," kata Joko.

Para peserta juga harus melampirkan soft copy format JPG, PNG dengan resolusi 300 dpi dan format graphic, corel, photoshop dan illustrator atau paint tiga dimensi dengan ukuran maksimal 4MB.

"Desain maskot juga dikirim dalam bentuk hard file yang dicetak di kertas A4 warna. Kemudian juga dikirim dalam bentuk softcopy di email kpu.kota6271@gmail.com," kata Joko.

Dia menambahkan, pada lomba desain maskot ini, panitia penyelenggara dalam hal ini KPU Kota Palangka Raya menyiapkan hadiah uang pembinaan untuk enam pemenang dengan nilai total Rp27 juta.

"Lomba desain maskot ini merupakan bagian dari edukasi dan sosialisasi sekaligus upaya meningkatkan peran masyarakat dalam menyukseskan setiap tahapan Pilkada serentak 2024," katanya.

Baca juga: Fisipol UMPR tawarkan program perkuliahan RPL bagi pekerja

Baca juga: BMKG minta warga Kalteng waspadai hujan disertai angin kencang

Baca juga: IAHN-TP Palangka Raya berikan motivasi bagi 180 siswa di Buntok