Legislator Seruyan minta bantuan pertanian ke Dapil III ditingkatkan

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah , Salidin, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Seruyan, Kalteng

Legislator Seruyan minta bantuan pertanian ke Dapil III ditingkatkan

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Salidin di Kuala Pembuan. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Salidin meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) di wilayah setempat, lebih meningkatkan bantuan sarana pertanian di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar, dan Suling Tambun.

"Permintaan itu karena bantuan sarana pertanian yang ada di dapil III ini masih minim dan perlu lebih ditingkatkan," Kata Salidin di Kuala Pembuang, Senin..

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu mengungkapkan, berdasarkan aspirasi masyarakat yang pihaknya terima saat kunjungan kerja atau reses, mereka mengeluhkan tentang minimnya bantuan sarana pertanian yang mengakibatkan pada terkendalanya warga dalam bercocok tanam.

Padahal, lanjut dia, masyarakat di daerah tersebut sangat bersemangat untuk bercocok tanam dan juga dari segi lahan sangat mendukung. Namun, untuk memaksimalkan hal tersebut sarana penunjang juga harus ditingkatkan sehingga dapat memudahkan para petani.

"Pada umumnya banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang minimnya bantuan dari pemerintah khususnya berkaitan dengan pertanian dan akibatnya mereka tidak bisa berladang, karena kesulitan dalam mengelola," kata Salidin.

Dia menyampaikan, bantuan sarana pertanian yang diharapkan itu  tentunya meliputi berbagai hal, mulai dari alat mesin pertanian (alsintan), bibit sampai dengan penyuluh-penyuluh pertanian yang dinilai memang masih kurang.

"Saya berharap Pemkab Seruyan bisa merealisasikan bantuan seperti hand tractor, bibit dan lain-lain kepada masyarakat khususnya di dapil III," ucapnya. 

Dia menambahkan peningkatan pertanian ini memang sangat penting dilakukan namun untuk mewujudkan hal tersebut agar bisa maksimal,  program pemerataan untuk para petani di Bumi Gawi Hantantiring ini.

"Dalam program peningkatan hasil pertanian itu harus bisa dilaksanakan secara merata, sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar," demikian Salidin.

Baca juga: Legislator Seruyan: Mekanisme penggunaan Alsintan perlu diatur

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Seruyan minta program cetak sawah direalisasikan

Baca juga: Legislator Seruyan soroti banyak sekolah belum berpagar