Legislator Seruyan: Mekanisme penggunaan Alsintan perlu diatur

id DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalteng, Mekanisme penggunaan Alsintan perlu diatur

Legislator Seruyan: Mekanisme penggunaan Alsintan perlu diatur

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto menilai perlu ada regulasi yang berfungsi mengatur mekanisme penggunaan alat mesin pertanian (Alsintan) yang merupakan bantuan pemerintah, agar lebih optimal dalam membantu meningkatkan produksi pertanian.

Informasinya pemerintah melalui instansi terkait berencana mengubah mekanisme penggunaan bantuan alsintan yang ada di kabupaten ini, kata Bejo di Kuala Pembuang, Kamis.

"Kami mendukung rencana itu, karena memang penting dilakukan agar mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," tambahnya.

Dikatakan, sebelumnya mekanisme alsintan di wilayah setempat menggunakan sistem hibah kepada setiap kelompok-kelompok pertanian yang ada. Kendati demikian, seiring berjalannya waktu dan berdasarkan evaluasi yang dilakukan, sistem tersebut tampaknya masih belum berjalan sesuai harapan karena hanya dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu saja.

Legislator Seruyan itu mengatakan, sistemnya harus ubah dari yang awalnya hibah menjadi sistem sewa. Sebab, banyak laporan bahwa alsintan itu hanya dimanfaatkan oleh ketua kelompok saja.

"Kalau kondisi itu dibiarkan, tentunya bantuan alsintan dari pemerintah menjadi tidak maksimal. Seharusnya kan pemanfaatan alsintan bisa di rasakan semua petani," kata Bejo.

Dia mengatakan, tentu dalam realisasinya di lapangan harus ada regulasi yaitu peraturan bupati (Perbup) untuk mengatur bagaimana mekanisme secara keseluruhan terkait dengan sistem sewa dari alsintan tersebut. Saat ini dirinya masih belum mengetahui apakah peraturan tersebut sudah digarap atau belum oleh dinas terkait.

"Tapi pastinya di dalam Perbup itu nanti mengatur mekanismenya secara keseluruhan, bagaimana sistemnya, berapa sewanya, berapa jumlah per kelompok dan lain sebagainya. Itu harus dibuat," kata Bejo.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Seruyan minta program cetak sawah direalisasikan

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, pihaknya akan terus berupaya dalam meningkatkan hasil panen di Seruyan, sehingga dengan begitu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kalau hasil panen padi itu meningkat, otomatis para petani juga akan sejahtera dan dapat meningkatkan perekonomian mereka," demikian Bejo.

Baca juga: Legislator Seruyan soroti banyak sekolah belum berpagar

Baca juga: DPRD Seruyan harapkan program pemulihan ekonomi terus dimaksimalkan