Bapemperda DPRD Seruyan minta sosialisasi perda ditingkatkan

id Dprd seruyan, arrahman, bapemperda seruyan, perda seruyan, kuala pembuang, kalteng

Bapemperda DPRD Seruyan minta sosialisasi perda ditingkatkan

Ketua Bapemperda DPRD Seruyan Arrahman. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Arrahman meminta pemerintah kabupaten meningkatkan sosialisasi tentang peraturan daerah (perda) yang telah dibentuk.

“Saya harap Pemkab Seruyan proaktif mensosialisasikan perda-perda yang berlaku di daerah kita,” kata Arrahman di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, sosialisasi tersebut khususnya untuk perda-perda yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat di berbagai sektor, baik itu mengenai pajak dan lainnya.

Lanjut dia menjelaskan, tentunya hal ini bertujuan agar seluruh lapisan masyarakat bisa mengetahui dan mempunyai pemahaman terhadap perda-perda yang berlaku, sehingga sasaran yang hendak dicapai melalui perda tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Dia menyampaikan, selama ini pihaknya dalam setiap kesempatan juga turut berpartisipasi mensosialisasikan perda melalui kunjungan kerja ataupun reses, sehingga regulasi yang dibuat bisa diterapkan maksimal oleh masyarakat.

“Kami dalam setiap kunker atau reses itu biasanya juga turut menginformasikan kepada masyarakat. Hal ini agar mereka tahu dan perda itu bisa terlaksana sesuai dengan harapan bersama,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, sosialisasi perda ini juga sangat penting karena apabila masyarakat tidak diberikan edukasi atau pemahaman terkait peraturan yang telah dibentuk, tentu akan sulit untuk bisa menerapkannya dengan maksimal.

Kemudian untuk memberikan sosialisasi terkait peraturan itu bisa dilakukan melalui camat dan juga kepala desa sehingga mereka bisa mewakili untuk menyampaikan kepada masyarakat setempat.

“Saya sarankan sosialisasi tersebut bisa disampaikan kepada camat dan kades, karena kita tahu mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tutupnya.