Troye Sivan ceritakan stigma tentang HIV/AIDS di film 'Three Month'

id Troye sivan,three month,hiv,aids,Troye Sivan ceritakan stigma tentang HIV/AIDS di film 'Three Month'

Troye Sivan ceritakan stigma tentang HIV/AIDS di film 'Three Month'

FILE PHOTO: Actor Troye Sivan arrives for the premiere of the movie "Boy Erased" at the Toronto International Film Festival (TIFF) in Toronto, Ontario, Canada September 11, 2018. REUTERS/Mario Anzuoni (REUTERS/Mario Anzuoni)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi pop Australia Troye Sivan, akan tampil sebagai pemeran utama dalam film "Three Months", yang memiliki pesan untuk memerangi ketidaktahuan seputar HIV/AIDS.

Dalam "Three Months", Sivan memerankan Caleb yang berusia 17 tahun, yang terpapar HIV setelah cinta satu malam (one-night stand) pada malam kelulusan sekolah menengahnya, dikutip dari Reuters, Senin.

Baca juga: The Weeknd hingga Troye Sivan bintangi serial drama "The Idol"

Film ini merinci rasa malu dan kecemasan yang dialami Caleb saat menunggu tiga bulan untuk diagnosis. Pedoman medis saat ini memerlukan 12 minggu dari paparan awal untuk hasil yang 100 persen pasti.

Berlatar pada tahun 2011, ketika diagnosis positif HIV/AIDS menjadi ketakutan dan ketidaktahuan yang terus merajalela, film ini mengeksplorasi stigma yang dihadapi oleh orang yang hidup dengan HIV.

"Saya pikir ada banyak, tidak selalu informasi yang salah, tetapi banyak jenis ketidaktahuan (tentang HIV)," kata Sivan kepada Thomson Reuters Foundation dalam panggilan video dari Los Angeles.

"Saya akan senang jika film ini berperan dalam menghilangkan stigma seputar HIV dan mendidik orang tentang fakta bahwa dengan akses ke perawatan kesehatan, ini sama sekali bukan 'hukuman mati'," ujarnya menambahkan.

Bintang berusia 26 tahun ini menjadi terkenal setelah bergabung dengan YouTube pada tahun 2007, mengumumkan seksualitasnya sebagai gay pada tahun 2013 dan menjadi terkenal karena musiknya, sifatnya yang menarik, dan kolaborasi dengan YouTuber lainnya. Dia sekarang memiliki lebih dari 7,5 juta pelanggan (subscribers).

Baca juga: Lama dinanti, Troye Sivan rilis EP "In a Dream"

Sivan merilis album debutnya "Blue Neighbourhood" pada 2015 dengan album keduanya, "Bloom", pada 2018 memuncak di No. 4 di tangga album AS. Dia adalah salah satu artis yang paling banyak diputar sepanjang masa di Spotify (Top 200) dengan lebih dari 5 miliar total streaming.

Sivan memiliki peran yang lebih kecil dalam drama remaja Afrika Selatan "Spud" dan blockbuster Hollywood "X-Men".

Tapi "Three Months" - yang akan dirilis pada 23 Februari di platform streaming Paramount+ akan menandai peran utama pertamanya.

Untuk penulis dan sutradara film, Jared Frieder, Sivan adalah pilihan yang jelas.

"Saya selalu memikirkan Troye untuk peran ini," kata Frieder dalam sebuah wawancara video, menambahkan bahwa dia mulai menulis naskah ketika Troye menjadi terkenal di YouTube.

Baca juga: Troye Sivan rilis "Easy" dan segera luncurkan EP baru

Waktu yang berubah

Sivan lahir di Afrika Selatan dan dibesarkan di Australia. Dia sekarang membagi hidupnya antara Los Angeles dan Melbourne.

Sivan mengatakan dia tidak pernah dididik tentang masalah LGBTQ+ atau HIV/AIDS saat tumbuh dewasa.

"Selama pendidikan seks di sekolah, saya tidak pernah, pernah diajarkan tentang HIV secara khusus ... seks gay tidak pernah, tidak pernah dibicarakan," katanya.

Ada juga beberapa karakter LGBTQ+ secara terbuka di layar.

"Ketika saya tumbuh dewasa, saya ingat keduanya, mungkin tiga kali saya melihat cerita aneh di TV dan film. Dan saya ingat itu menjadi pengalaman yang sangat, sangat, sangat formatif," kata Sivan.

"Itu seperti, momen langka dan langka yang saya ingat terasa sangat pribadi bagi saya, sehingga saya seperti 'Ya Tuhan, saya harus menonton ini di tengah malam'," imbuhnya.

Frieder mengatakan dia berharap "Three Months" akan membantu mengisi kesenjangan bagi orang-orang LGBTQ+ yang tumbuh dewasa, di mana pun mereka berada di dunia.

"Saya ingin orang-orang tidak merasa sendirian. Jika film ini membantu anak-anak melihat diri mereka sendiri di layar, terutama anak-anak queer, itu akan menjadi kebahagiaan hidup saya," katanya.