Kapuas bersiap cetak rekor Muri perkalian terpanjang di dunia

id Kapuas bersiap cetak rekor Muri perkalian terpanjang di dunia, kalteng, kapuas

Kapuas bersiap cetak rekor Muri perkalian terpanjang di dunia

Panitia pelaksana dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, menggelar rapat persiapan rencana kegiatan cetak rekor Muri perkalian terpanjang di dunia, di Aula Kantor Disdik setempat, Rabu (16/3/2022) malam. ANTARA/HO-Disdik Kapuas

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pendidikan setempat menggandeng Math Master Indonesia untuk mencetak rekor Muri kategori perkalian terpanjang di dunia.

"Ini sebagai salah satu rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke-216 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-71 Pemerintah Kabupaten Kapuas," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Kamis.

Untuk mematangkan persiapan, segala persiapan sudah dilakukan oleh panitia, diantaranya dua pekan terakhir pihaknya intens berkoordinasi ke Muri Jakarta, Math Master Indonesia, panitia dan peserta cetak rekor Muri. 

Selain itu, peserta didik dan guru TK/PAUD, SD dan SMP terpilih telah dibimbing langsung oleh Math Master Indonesia dari Yogyakarta selaku konsultan Matematika.

Kegiatan rekor Muri akan dilaksanakan usai upacara peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas. Kegiatan akan dihadiri dan diikuti oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Bunda PAUD Ary Egahni Ben Bahat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Disdagperinkop UKM-Kejari Kapuas jalin kerja sama

“Cetak rekor Muri kali ini, bertujuan untuk melakukan perubahan paradigma dari matematika yang terkesan sulit dan tidak menyenangkan menjadi mudah, bahkan menyenangkan. Juga, sosialisasi hidup hemat dan gemar menabung oleh perbankan kepada peserta didik,” jelas Suwarno Muriyat

Pria yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas ini tercatat telah tiga kali memprakarsai pemecahan rekor Muri di Kabupaten Kapuas, yakni Tari Manasai, Badengkoy dan Tahfidz Qur’an. Dirinya optimis atas pengalaman, kerja sama tim dan dukungan Bupati Kapuas dan Bunda PAUD akan kembali mencetak rekor Muri yang keempat kalinya.

Sementara itu, Saefudin dari Math Master selaku konsultan Matematika menjelaskan, jika dirinya dan tim telah melakukan pembimbingan cara penghitungan matematika tercepat dan terpanjang.  Atas inisiatif Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, pihaknya sejak dua tahun lalu bersama Pengajar dari Math Master Indonesia telah memberikan pelatihan kepada para guru hingga pelosok yang terjauh.

“Pelatihan Penghitungan Matematika cepat dengan metode yang kami miliki telah dimulai di Kabupaten Kapuas, sejak dua tahun lalu kepada para guru SD dan SMP se-Kabupaten Kapuas dan ini sangat membantu dalam kelancaran pembimbingan untuk cetak rekor Muri tahun 2022 ini,” demikian Saefudin.

Baca juga: MTQ Kapuas dilaksanakan Mei mendatang

Baca juga: DPRD Kapuas minta pembangunan Pelabuhan Batanjung dilanjutkan

Baca juga: Waket MPR: Kesiapan SDM jadi tantangan utama pendidikan