Bupati berharap Forum Gunung Mas Sehat berkontribusi kepada masyarakat

id Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong, Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Gumas, Kalteng, Forum Gunung Mas Sehat

Bupati berharap Forum Gunung Mas Sehat berkontribusi kepada masyarakat

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengukuhkan pengurus Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat 2022 di Kuala Kurun, Rabu (18/5/2022). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat yang telah terbentuk, dapat memberi kontribusi positif bagi upaya pembangunan kesehatan masyarakat.

"Itu supaya cita-cita meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat bisa semakin cepat terwujud," kata Jaya usai mengukuhkan pengurus Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat tahun 2022 di Kuala Kurun, Rabu.

Kabupaten sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggara nya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi, serta disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Pelaksanaan kabupaten sehat dilakukan dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan, yakni melalui pembentukan atau pemanfaatan Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat, dengan dukungan pemerintah daerah dan lintas sektor.

Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi dan berpartisipasi dalam menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah, yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat terwujud wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk warga.

Orang nomor satu di Pemkab Gunung Mas itu pun berharap, forum ini dapat bekerja sama dalam melaksanakan apa yang menjadi tatanan wajib dan tatanan pilihan, yang akan ditentukan secara bersama-sama melalui Tim Pembina Kabupaten Sehat.

"Saya juga mengharapkan dukungan dari lintas sektor, serta komitmen baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan, demi mewujudkan Kabupaten Gunung Mas Sehat,"

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Gunung Mas Yantrio Aulia mengatakan ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mewujudkan kabupaten sehat, di antaranya melibatkan semua potensi yang ada di masyarakat dalam forum.

Baca juga: Bupati Gunung Mas: Keberhasilan WTP berkat dukungan seluruh pihak

Prinsip kabupaten sehat yakni bukan lomba antar kabupaten/kota, tetapi lomba terhadap diri sendiri. Selain kegiatan inovatif yang menjadi unggulan, juga kegiatan rutin terkait program masing-masing sektor sesuai tatanan.

"Prinsip lainnya adalah mengembangkan luasnya wilayah cakupan di setiap tatanan dalam level yang sama. Hal itu lebih diutamakan ketimbang sekedar menaikkan level, namun kegiatan yang lama tidak diperhatikan dengan baik," kata Yantrio.

Adapun susunan pengurus Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat sebagai Ketua Umum Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat adalah Mimie Mariatie Jaya S Monong, Ketua Harian Iceu Purnamasari, Sekretaris Mitra Tanjung, dan Bendahara Andika Saputra.

Untuk anggota berjumlah belasan orang, yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, perwakilan wartawan, perwakilan Pramuka, perwakilan organisasi konservasi nasional, perbankan, dan lainnya.

Baca juga: PNS baru di Gunung Mas diminta tulus melayani

Baca juga: Pemkab Gunung Mas mulai salurkan hibah rumah ibadah

Baca juga: Bupati lantik empat camat di Gumas, berikut daftarnya