DPRD Barsel harapkan BPD dan kepala desa terus bersinergi

id Dprd barito selatan, wakil ketua dprd barito selatan, enung irawati, bpd, kepala desa, sinergi, pembangunan, bumdes, buntok, barito selatan, kalteng

DPRD Barsel harapkan BPD dan kepala desa terus bersinergi

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Enung Irawati. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan anggota Badan Permusyawaratan Desa terutama yang baru dilantik terus bersinergi dengan kepala desa.


 


Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Enung Irawati saat dihubungi di Buntok, Selasa, mengatakan BPD dengan kepala desa harus bersinergi dan kompak dalam pelaksanaan roda pemerintahan di desanya masing-masing.


 


"Dalam pelaksanaan roda pemerintahan diharapkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan kepala desa jangan berjalan sendiri-sendiri," katanya.


 


Sebab lanjut dia, desa yang kuat karena semua kompak. Adapun sinergi dan kekompakan itu merupakan kunci dalam pelaksanaan roda pemerintahan serta pembangunan di masing-masing desa.


 


Untuk itu, dalam proses pembangunan, semuanya harus dilibatkan, baik tokoh masyarakat dan lainnya yang ada di masing-masing desa tersebut.


 


Hal ini menurut Enung, dilakukan dalam upaya untuk menyatukan pemikiran, serta menyamakan persepsi dalam mencapai pembangunan yang merata di setiap desa.


 


"Karena, tujuan utama pembangunan desa adalah memastikan pelayanan pemerintah desa berjalan dengan baik dan lancar," ucap politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.


 


Juga sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar. Termasuk pembangunan sarana prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.


 


Dengan adanya sinergi dan kekompakan tersebut, diharapkan pelaksanaan pembangunan di desa berjalan aman dan lancar, sesuai harapan maupun keinginan bersama masyarakat di desanya masing-masing.


 


Selain itu Enung juga berharap, agar setiap desa dapat menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan terus mengali sumber-sumber pendapatan bagi desanya.


 


"Pengembangan BUMDes itu dengan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu, dengan merekrut generasi muda pada setiap desa yang sudah menamatkan kuliahnya," demikian Enung Irawati.