Diskominfo Kalteng: Pemberian bantuan STB diperuntukan bagi RTM

id Pemprov kalteng, kominfo kalteng, diskominfosantik kalteng, stb, set top box, rumah tangga miskin, bantuan stb, tv digital, tv analog, kementerian kom

Diskominfo Kalteng: Pemberian bantuan STB diperuntukan bagi RTM

Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, pemberian bantuan Set Top Box (STB) gratis diperuntukan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM).
 
"Untuk itu saat ini kami menyurati kabupaten dan kota agar menyiapkan data yang benar-benar valid terkait RTM ini," kata Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi di Palangka Raya, Selasa.
 
Adapun permintaan data ke kabupaten dan kota untuk memastikan kondisi di lapangan yang mungkin saja sudah ada RTM menggunakan televisi digital.
 
"Oleh karena itu kita mengharapkan kepala daerah untuk mengerahkan perangkat daerah terkait agar 'door to door' melakukan pendataan dimaksud," terangnya.

Baca juga: Ekonomi Kalteng terus tumbuh positif hingga tahun 2022
 
Agus menjabarkan, hingga saat ini alokasi bantuan STB bagi RTM di Kalteng masih belum diketahui. Alokasi STB tersebut baru akan disampaikan pusat apabila data RTM yang diminta telah mereka terima.
 
"Tahapannya terlebih dahulu menunggu data masuk dari kabupaten dan kota. Data harus masuk pada 16 Juni 2022 mendatang," jelasnya.
 
Kriteria RTM penerima, di antaranya memiliki pesawat televisi analog dan menikmati siaran televisi melalui teresterial, lokasi rumah berada di lokasi siaran televisi digital, bersedia menerima dan memanfaatkan bantuan STB, serta dalam satu RTM menerima satu bantuan STB.
 
Kemudian masing-masing pemda juga diminta membantu mensosialisasikan agar masyarakat mampu segera membeli STB, serta membantu kelancaran distribusi STB baik oleh penyelenggara multipleksing (swasta) ataupun oleh Kemenkominfo berupa bantuan pemerintah.
 
Diketahui, pemberian bantuan STB gratis kepada RTM ini, untuk menunjang migrasi siaran televisi analog ke televisi digital. Siaran televisi digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi, sehingga mampu menghadirkan kualitas gambar lebih bersih, suara lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia.
 
"Sesuai arahan Mekominfo Johnny G Plate, kebutuhan paling mendesak adalah STB yang akan dibagikan kepada seluruh kabupaten dan kota 112 wilayah terdampak dari perubahan sistem analog ke digital," terangnya.

Baca juga: Gubernur Kalteng: Korindo jangan kesampingkan kepentingan umum demi komersial

Baca juga: Gubernur Kalteng bentuk satgas dan segera audit perusahaan perkebunan

Baca juga: Pengembangan budi daya tanaman sehat di Kapuas capai 200 hektare