Bapenda: PAD Seruyan capai Rp40,8 miliar pada triwulan II

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, bupati seruyan yulhaidir uhai, pad seruyan, pendapatan asli daerah, apbd seruyan, seruyan

Bapenda: PAD Seruyan capai Rp40,8 miliar pada triwulan II

Dokumentasi - Pemkab Seruyan dalam agenda Temu Pengusaha di Jakarta, belum lama ini. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sukardi menyampaikan, memasuki akhir triwulan II Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Seruyan 2022, Pendapatan Asli Daerah (PAD) sudah terealisasi sebesar Rp40,8 miliar.
 
“Sampai dengan saat ini, PAD kita baru tercapai sebesar Rp40,8 miliar atau sekitar 33,6 persen dari target yang sudah ditetapkan pada APBD tahun anggaran 2022 ini yakni sebesar Rp120,4 miliar,” katanya di Kuala Pembuang, Jumat.
 
Menurutnya, dengan angka tersebut, sejatinya realisasi PAD Seruyan sampai dengan saat ini masih tergolong rendah. Walaupun demikian, pihaknya akan terus berupaya melalui berbagai terobosan dalam meningkatkan realisasi PAD, supaya bisa mencapai target yang sudah ditetapkan.
 
“Karena jika kita kembali ke waktu enam bulan yang lalu, itu di awal-awal masih masa persiapan, setelah itu kita menjalankan ibadah puasa kemudian Lebaran. Sehingga memang baru sekarang lagi kita pacu, untuk meningkatkan PAD,” jelasnya.

Baca juga: Legislator sebut Seruyan masih memerlukan tenaga kontrak
 
Sebagai salah satu upaya meningkatkan PAD, pihaknya telah melaksanakan temu pengusaha yang mana kegiatan tersebut dipimpin Bupati Seruyan. Diharapkan adanya pertemuan itu dapat meningkatkan pendapatan dari sektor perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasional di Bumi Gawi Hantantiring.
 
“Kita harapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran membayar pajak, sehingga realisasi PAD kita bisa lebih optimal,” harapnya.
 
Dia menambahkan memang peningkatan PAD ini sangat penting untuk pembangunan dan mewujudkan kemandirian Seruyan, sehingga dengan begitu pihaknya akan terus berupaya agar bisa memaksimalkan pendapatan daerah.
 
“Saya harap juga untuk mewujudkan ini tentu harus ada dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat, karena ini juga demi kemajuan daerah dan yang pasti untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Disdagperin tingkatkan kemampuan masyarakat Seruyan kembangkan produk olahan hasil laut

Baca juga: Bupati Seruyan tegaskan ingin pertahankan tenaga kontrak

Baca juga: Disdukcapil Seruyan uji coba aplikasi KTP Digital permudah pelayanan