Disdagperin tingkatkan kemampuan masyarakat Seruyan kembangkan produk olahan hasil laut

id Pemprov kalteng, disdagperin kalteng, aster bonawaty, gubernur kalteng sugianto sabran, dinas perdagangan dan perindustrian, seruyan, produk olahan ha

Disdagperin tingkatkan kemampuan masyarakat Seruyan kembangkan produk olahan hasil laut

Bimbingan teknis pengembangan produk olahan hasil laut di Kuala Pembuang, Seruyan, Kamis, (23/6/2022). (ANTARA/HO-Disdagperin Kalteng)

sesuai arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Disdagperin harus optimal melaksanakan pendampingan kepada pelaku IKM dalam pengembangan produk
Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) terus memacu peningkatan kemampuan masyarakat di Kabupaten Seruyan dalam pengembangan produk olahan hasil laut.
 
Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty dihubungi dari Palangka Raya, Jumat, mengatakan, Seruyan yang terletak di garis pantai memiliki potensi hasil laut besar dengan komoditi unggulan ikan tenggiri dan ikan pipih.
 
"Berlimpahnya hasil laut ini, selain untuk dikonsumsi langsung, juga dapat diolah menjadi produk-produk pangan, sehingga sangat potensial untuk terus dipacu pengembangannya," terangnya.
 
Ragam produk olahan dimaksud, di antaranya seperti kerupuk, amplang, abon, aneka makanan beku atau frozen food yang berbahan dasar ikan dan lainnya. Ketersediaan bahan baku yang berlimpah ini, sudah seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM).
 
Dia menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Disdagperin harus optimal melaksanakan pendampingan kepada pelaku IKM dalam pengembangan produk. Maka salah satu implementasinya, yakni melalui bimbingan teknis kepada IKM Seruyan dalam pengembangan produk olahan hasil laut.

Baca juga: Disdagperin Kalteng: SIINas mempermudah akses industri dalam negeri
 
Aster memaparkan, pendampingan atau kegiatan peningkatan kemampuan ini sangat diperlukan agar para pelaku IKM dapat menjalankan usahanya dengan mengolah ikan-ikan tersebut menjadi produk olahan pangan yang enak, sehat dan bergizi.
 
"Pengolahan produk yang baik dengan menjaga kualitas produk dengan rasa yang enak, renyah, bersih dan kemasan yang menarik, serta mampu menarik minat calon pembeli," tegasnya.
 
Diharapkan dengan bimbingan teknis ini, pelaku IKM di Seruyan tumbuh lebih maju dan hebat dari sebelumnya. Adapun sebagai instruktur adalah Yuliatma dari Tampung Parei Palangka Raya, yang memberikan materi serta praktik mengenai pengolahan produk dari hasil laut.

Baca juga: Disdagperin Kalteng sediakan fasilitasi merek gratis bagi IKM
 
Lebih lanjut wanita yang akrab disapa Ona ini menjelaskan, industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional.
 
Peran penting sektor strategis ini terlihat dari kontribusinya yang konsisten dan signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Industri Non-Migas serta peningkatan realisasi investasi. Potensi pasar dalam negeri dengan jumlah penduduk sebesar 258,7 juta orang, akan menjadi pangsa pasar yang menjanjikan.
 
"Oleh karenanya kami mendorong pelaku IKM memaksimalkan peluang ini, dengan terus memacu peningkatan kreativitas, kapasitas produksi dan penyerapan tenaga kerja yang maksimal," jelasnya.
 
Hingga pada akhirnya dengan semakin meningkatnya kompetensi masyarakat maupun pelaku usaha khususnya IKM dalam pengolahan hasil laut tersebut, dapat memperluas jangkauan pasarnya tak hanya skala lokal, namun juga nasional bahkan internasional.
 
"Langkah yang perlu dijalankan, antara lain peningkatan mutu dan produktivitas serta efisiensi di seluruh rantai produksinya. Kami siap mendampingi para pelaku IKM ini," tutupnya.

Baca juga: Dukung perajin dan IKM, Dekranasda luncurkan tokokaltengberkah.com

Baca juga: Disdagperin Kalteng: Pengembangan pinang potensial sebagai komoditi ekspor

Baca juga: Disdagperin Kalteng sediakan klinik konsultasi bantu pengembangan IKM