Disdukcapil Seruyan uji coba aplikasi KTP Digital permudah pelayanan

id Pemkab seruyan, dukcapil seruyan, sekda seruyan djainuddin noor, dinas kependudukan dan catatan sipil, ktp digital, pelaksana tugas kadisdukcapil seru

Disdukcapil Seruyan uji coba aplikasi KTP Digital permudah pelayanan

Sekretaris Daerah Seruyan Djainuddin Noor uji coba aplikasi KTP digital di Kuala Pembuang, Rabu, (22/6/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat terus berinovasi memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi KTP Digital.
 
“Kita Akan terus berupaya memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan, sehingga dengan adanya aplikasi ini bisa sangat membantu,” kata Sekda Seruyan Djainuddin Noor yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil kabupaten setempat di Kuala Pembuang, Kamis.
 
Djainuddin juga membuktikan langsung dengan melakukan uji coba penggunaan dan pemanfaatan aplikasi KTP Digital melalui telepon pintar atau smartphone miliknya.
 
Adapun menu yang disediakan dalam aplikasi tersebut di antaranya, data keluarga atau kartu keluarga (KK), data kependudukan seperti KTP digital, dokumen lain yang merupakan hasil integrasi NIK seperti NPWP, Kartu Vaksin COVID-19, dan lainnya.
 
"Penerapan KTP digital merupakan upaya mengantisipasi hilangnya dokumen penting dan mencegah pemalsuan data, serta menjadikan pembuatan identitas lebih mudah, cepat, murah, hemat dan efisien," jelasnya.

Baca juga: Bapenda Seruyan: Pejabat miliki sarang walet diminta jadi contoh dengan taat membayar pajak
 
Kendati demikian, dirinya juga menambahkan untuk syarat pembuatan KTP digital harus mempunyai smartphone berbasis Android dan bagi masyarakat yang tidak memilikinya, Disdukcapil tetap memberikan pelayanan pembuatan identitas digital maupun layanan secara fisik manual.
 
Dia menambahkan, pihaknya terus berupaya maksimal meningkatkan pelayanan terlebih untuk administrasi kependudukan, karena memang hal tersebut sangat penting serta pastinya masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini juga mengharapkan bisa mendapatkan pelayanan yang mudah.
 
“Memang tingkat pelayanan kepada masyarakat di Disdukcapil sangat tinggi sekali, oleh karena itu kita terus berupaya maksimal, supaya bisa memberikan pelayanan prima, tepat, tepat dan sesuai prosedur,” demikian Djainuddin.

Baca juga: PBS di Seruyan diminta ikut andil menjaga kelestarian lingkungan

Baca juga: Legislator: Maksimalkan Pelabuhan Teluk Segintung untuk memacu perekonomian

Baca juga: Berikut enam cabor yang Seruyan ikuti pada Popprov Kalteng 2022

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022