Legislator: Maksimalkan Pelabuhan Teluk Segintung untuk memacu perekonomian

id Dprd seruyan, bejo riyanto, pelabuhan segintung, kuala pembuang, pintu gerbang seruyan, kalteng, pelabuhan laut

Legislator: Maksimalkan Pelabuhan Teluk Segintung untuk memacu perekonomian

Legislator Seruyan Bejo Riyanto. ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto menilai, keberadaan Pelabuhan Teluk Segintung sangat potensial dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah setempat.


 


“Saya rasa potensi Pelabuhan Teluk Segintung ini sangat besar sekali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat apabila bisa dioperasionalkan dengan maksimal,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Jumat.


 


Menurut dia, jika pelabuhan tersebut beroperasi dengan optimal otomatis dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, sehingga dengan begitu dapat mengurangi angka pengangguran di Seruyan.


 


“Pasti akan sangat banyak sekali memerlukan tenaga kerja apabila bisa dioperasionalkan dengan maksimal. Memang saat ini sudah beroperasi, namun saya nilai masih tidak berjalan dengan lancar,” ungkapnya.


 


Dia mengatakan, secara umum pihaknya akan sangat mendukung upaya-upaya yang nantinya dilakukan Pemkab Seruyan dalam rangka memaksimalkan operasional pelabuhan tersebut.


 


“Yang mana hal ini sejatinya juga sudah tertuang dalam tujuan dan sasaran pembangunan yang disusun pemerintah daerah. Dan kita dari DPRD Seruyan tentu akan mendukung upaya-upaya tersebut,” jelasnya.


 


Tujuan dan sasaran pembangunan tersebut mengacu pada visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Seruyan tahun 2018-2023 yakni mewujudkan Pelabuhan Laut Teluk Segintung sebagai pintu gerbang ekonomi Kabupaten Seruyan.


 


Menurutnya, dalam upaya tersebut tentu masih memerlukan kerja keras dan keterlibatan semua pihak, karena masih banyak yang harus dilakukan.


 


Untuk saat ini dijelaskannya, memang ada beberapa kendala yang dialami sehingga membuat operasional pelabuhan tersebut belum optimal, salah satunya adalah infrastruktur jalan yang belum memadai.


 


"Makanya kalau masalah jalan ini bisa diatasi oleh pemerintah, saya rasa perlahan itu akan memberikan dampak besar terhadap perekonomian,” tutupnya.

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022