Legislator sebut Seruyan masih memerlukan tenaga kontrak

id Dprd seruyan, komisi a dprd seruyan, bejo riyanto, tenaga kontrak, honorer, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Legislator sebut Seruyan masih memerlukan tenaga kontrak

Legislator Seruyan Bejo Riyanto. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Legislator Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto menilai pemerintah kabupaten setempat saat ini masih sangat membutuhkan kehadiran tenaga honorer atau kontrak untuk membantu tugas penyelenggaraan administrasi pemerintahan maupun pelayanan kepada masyarakat.
 
“Jadi, untuk kita di Seruyan ini masih sangat memerlukan tenaga kontrak atau honorer untuk membantu tugas penyelenggaraan pemerintah serta pelayanan kepada masyarakat,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Jumat.
 
Bejo yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Seruyan mengungkapkan, hal ini berkaitan dengan adanya wacana penghapusan tenaga honorer oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI) pada 2023 mendatang.
 
“Berkenaan dengan wacana penghapusan tenaga honorer  oleh pemerintah pusat, saya rasa untuk Seruyan secara umum itu masih sangat membutuhkan tenaga-tenaga ini,” ungkapnya.

Baca juga: PBS di Seruyan diminta ikut andil menjaga kelestarian lingkungan
 
Lanjut dia menyampaikan, wilayah setempat juga sangat luas dan untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat, memerlukan tenaga kontrak dan pastinya peran mereka juga menutupi kekurangan aparatur sipil negara (ASN). Dia menyarankan kepada Pemkab Seruyan berkoordinasi lebih lanjut kepada pemerintah pusat. 
 
“Karena kabupaten-kabupaten pemekaran termasuk Seruyan itu sebagian besar pekerjaan-pekerjaan kantor itu dikerjakan tenaga honorer atau kontrak,” jelasnya.
 
Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, dalam hal ini pemkab harus mencarikan solusi, karena ini memang sudah aturan, jadi tidak mungkin juga  pemerintah daerah melanggar aturan.
 
“Walaupun demikian kita harus mencari solusinya, bisa dikoordinasikan dengan pemerintah pusat terkait hal ini,” tutupnya.

Baca juga: Bupati Seruyan tegaskan ingin pertahankan tenaga kontrak

Baca juga: Disdagperin tingkatkan kemampuan masyarakat Seruyan kembangkan produk olahan hasil laut

Baca juga: Disdukcapil Seruyan uji coba aplikasi KTP Digital permudah pelayanan