DSPMD Barsel pacu percepatan pencairan DD tahap II

id Pemkab barito selatan, buntok, dspmd barsel, pencairan dd, dana desa, alokasi dana desa, barito selatan, kalteng

DSPMD Barsel pacu percepatan pencairan DD tahap II

Kepala DSPMD dan Camat Jenamas melaksanakan pertemuan guna percepatan pencairan Dana Desa (DD) tahap II di Buntok, Senin, (18/7). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) -
Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barito Selatan, Kalimantan Tengah melakukan upaya percepatan pencairan Dana Desa (DD) tahap II.
 
"Percepatan pencairan DD ini dilaksanakan dari 18-26 Juli 2022 mendatang," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan Selviriyatmi di Buntok, Senin.
 
Ia mengatakan, ini merupakan strategi pihaknya agar pencairan DD bisa berjalan sesuai dengan jadwal dan tidak mengalami keterlambatan.
 
Oleh karena itu, pada kegiatan ini, pihaknya dalam setiap hari mengundang perangkat desa, BPD, camat dan tim verifikasi  per kecamatan untuk membahas terkait hal itu.
 
"Melalui kegiatan ini akan diketahui kendala yang dihadapi dalam pencairan DD tahap II, sehingga kita bersama dengan camat dalam pertemuan ini berupaya mengatasinya," ucapnya.

Baca juga: Komisi I DPRD harapkan Pemkab Barsel selesaikan permasalahan tapal batas
 
Selain itu Selviriyatmi juga menyampaikan, untuk pencairan DD tahap I untuk 86 desa di Barito Selatan sudah dicairkan 100 persen, sedangkan tahap II masih 9,3 persen.
 
"Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II ini sudah mencapai 88,4 persen dan atas dasar itulah kita melaksanakan pertemuan ini," terangnya.
 
Karena lanjut dia, dalam penyaluran DD ini sudah ada tahapannya, sebab untuk pencairan DD tahap I paling lambat Juni, sedangkan pencairan DD tahap II paling lambat Agustus 2022.
 
"Apabila tidak disalurkan sesuai tahapannya, maka DD tahap berikutnya tidak bisa disalurkan. Oleh karena itu kita melaksanakan kegiatan tersebut dan pada hari ini untuk desa di Kecamatan Jenamas," ucap dia.
 
Sementara Camat Jenamas Abdul Ghani Majedi mengatakan dari empat desa di kecamatan ini, ada tiga desa yang sudah menyelesaikan prosesnya dan tinggal menunggu pencairan, sedangkan satu desa lainnya masih dalam tahap proses.
 
"Alhamdulillah, empat desa sudah sudah melakukan proses pencairan sesuai jadwal tahapannya dan untuk pembayaran pajaknya juga sudah dibayar 100 persen," jelasnya.

Baca juga: Ketua Komisi III DPRD Barsel: Pola baru pengelolaan dana hibah telah disepakati

Baca juga: DPRD kaji tanggapan Pj Bupati Barsel terkait catatan fraksi

Baca juga: Jumlah pemilih berkelanjutan di Barito Selatan berkurang 145 orang