Gereja Sion Palangka Raya dibobol maling

id Gereja Sion,Pencurian,Palangka Raya,Kalteng,Dibobol Maling,Gereja Sion Kota Palangka Raya dibobol maling

Gereja Sion Palangka Raya dibobol maling

Pengelola Gereja Sion Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memperketat penjagaan usai peralatan musik di dalam gereja dicuri oleh orang tidak dikenal, Kamis (21/7/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Gereja Sion yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dibobol pencuri dengan membawa kabur peralatan sound system dan organ keyboard yang sering digunakan penunjang pelaksanaan ibadah di rumah ibadah milik jemaat kristiani itu.

"Dari kejadian ini juga sudah kami laporkan ke kepolisian setempat, bahkan anggota polisi juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)," kata penjaga Gereja Sion Melo Tandang di Palangka Raya, Kamis.

Melo mengatakan peristiwa pembobolan itu diketahui pada Rabu (20/7) sekitar pukul 02.30 WIB. Pelaku yang terekam CCTV gereja itu hanya sendirian beraksi  masuk ke dalam gereja dengan cara mencongkel jendela samping gereja. Usai mencongkel jendela pintu tersebut, pelaku langsung mengambil peralatan musik yang digunakan penunjang para jemaat untuk ibadah.

Dari kejadian itu, pengurus Gereja Sion mengalami kerugian sebesar Rp16 juta. Bahkan besar harapan pengurus gereja tersebut perkara ini dapat terungkap.

"Karena peralatan tersebut tentunya sangat penting untuk penunjang ibadah di dalam gereja. Bahkan peristiwa ini diketahui pengurus gereja, ketika melihat peralatan tersebut tidak ada di lokasi seperti biasanya," ucapnya.

Ia menceritakan, peristiwa serupa ini sudah ketiga kalinya. Pertama barang berharga yang hilang yakni laptop dan gitar, kedua satu unit sepeda motor miliknya yang terparkir di depan rumahnya yang masih lingkup gereja dan yang terakhir peralatan musik.

Dengan kejadian ini, tentunya daerah kami ini tidak kondusif maka dari itu saya juga menyarankan agar warga sekitar dan rumah ibadah lainnya, mewaspadai terkait persoalan ini.

"Saya sebenarnya mencurigai seseorang yang sebelumnya ada datang ke gereja bernama Iwan Imanuel mengaku bahwa dirinya dari  Pangkalan Bun (Kobar) tidak punya apa-apa dan ingin meminjam uang," bebernya.

Lebih lanjut, Melo, karena penjaga gereja itu iba akhirnya dirinya memberikan uang Rp100 ribu dan yang bersangkutan pergi meninggalkan gereja.

Kecurigaan pria tersebut yang melakukan aksi pencurian di gereja tersebut, lantaran dari rekaman CCTV gereja tertera jelas bahwasanya pelaku itu sangat mirip dengan orang yang dibantunya itu.

"Ya saya sangat yakin dari perawakannya, rambutnya serta beberapa ciri lainnya juga sangat mirip," demikian Melo.

Akibat kejadian itu, pengurus Gereja Sion tentunya tidak mau kecolongan yang kesekian kalinya sehingga pihaknya akan meningkatkan keamanan di sekitar gereja.

Kejadian seperti diharapkan menjadi kejadian yang terakhir kalinya, sehingga jemaat gereja bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman.