Bupati Kapuas melantik 133 kepala desa terpilih

id Pemilihan Kepala Desa, Pilkades, Pilkades di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, Kapuas, Kalteng

Bupati Kapuas melantik 133 kepala desa terpilih

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, melantik 133 Kades terpilih dalam Pilkades serentak Tahun 2022, di Aula Kantor Pemda Kapuas, Senin (29/8/2022). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 133 Kepala Desa yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tahun 2022 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah resmi dilantik oleh Bupati Ben Brahim S Bahat, di Aula Kantor Pemda setempat, Senin (29/8).

Jumlah kepala desa terpilih dilantik hari ini 133 dari 155 yang melaksanakan pilkades serentak tahun ini, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yanmarto, usai pelantikan.

"Tersisa sebanyak 22 desa lagi yang belum dilakukan pelantikan karena masih dalam penanganan keberatan dan perselisihan. Harapannya tidak lama bisa kita selesaikan, dan akan mengikuti pelantikan tahap kedua," terangnya.

Dalam pelaksanaan pelantikan Kades terpilih ini, dari 133 desa tersebut ada sebanyak delapan orang Kades perempuan yang merupakan keterwakilan perempuan.

"Demikian juga pada Pilkades kali ini, ada dua orang anggota TNI yang berhasil terpilih, dan bisa mengabdikan dirinya ke desa. Karena kemarin sudah mengikuti Pilkades yang tentunya sesuai dengan mekanisme ketentuan yang ada dan juga ketentuan internal di organisasi TNI," katanya.

Melalui pelantikan yang dilaksanakan, Yanmarto berharap, Kades yang ada ini langsung dapat mengeksekusi semua program-program dan visi-misinya kepada masyarakat.

"Segera bekerja, dan juga melakukan sinergi program-program baik pemerintah pusat dan daerah, sehingga untuk pembangunan di desa bisa sesuai dengan diharapkan semua pihak," harapnya.

Ahmad Bajuri, salah satu Kades Pelampai, Kecamatan Kapuas Kuala, yang terpilih, mengaku senang serta lega atas pelantikan dirinya yang baru pertama kali menjadi Kades setempat.

"Sesuai dengan visi dan misi saya sampaikan kepada masyarakat, akan kita wujudkan untuk memajukan desa serta mensejahterakan masyarakat desa," kata pria yang bertubuh kecil ini.

Baca juga: Ekstensifikasi di area Food Estate sulap lahan tidur jadi produktif

Pria yang masih berusia 29 tahun yang juga mantan Sekdes setempat ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakatnya yang telah mempercainya untuk menjadi orang nomor satu di Desa Palampai, dengan harapan apa yang menjadi keinginan masyarakat akan menjadi prioritas pemerintah desa setempat.

Sementara itu, Kades Palangkai, Kecamatan Pulau Petak, yang merupakan keterwakilan perempuan ini, Pelitawati, setelah di lantik ini ingin memajukan desanya lebih baik lagi kedepannya.

"Saya menginginkan akan memajukan desa lebih baik lagi, salah satunya terkait insfrastruktur yang ada di desa, dan juga tarap hidup masyarakat desa setempat," demikian Pelitawati.

Baca juga: Program ekstensifikasi Kementan RI di Kapuas sukses bisa panen raya

Baca juga: Pentingnya optimalisasi dalam penyediaan sanitasi menghadapi SSGI