Program JKN jadi pilihan Rini menanti kehadiran buah hati

id bpjs kesehatan muara teweh,program jkn,rsud muara teweh,penyambut kelahiran buah hati,barito utara,kalteng,bpjs siap membantu

Program JKN jadi pilihan Rini menanti kehadiran buah hati

Rini warga Muara Teweh bersama petugas BPJS Siap Membantu (SATU) di depan ruang tunggu Poli Kandungan RSUD Muara Teweh, Senin (12/9/2022).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Berbagai persiapan tentunya akan dilakukan untuk menyambut kehadiran buah hati, kelancaran dalam proses kelahiran menjadi salah satu kekhawatiran. Namun sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pilihan yang tepat diambil oleh Rini Lestari (30) sehingga dapat dengan tenang bersiap untuk menyambut kelahiran anak keduanya.

“Ini untuk kontrol memastikan tindakan apa yang yang perlu diambil mendekati kelahiran anak ke-2 yang Hari Perkiraan Lahir (HPL) pada 21 September nanti, pemeriksaan sebelumnya kata dokter tidak ada masalah di kandungannya jadi perkiraan lahirannya bisa normal,” ucap Rini kepada petugas BPJS Siap Membantu (SATU) di depan ruang tunggu Poli Kandungan RSUD Muara Teweh, Senin.

Dari hasil pemeriksaan yang sebelumnya telah dijalani, Rini mengaku lebih tenang karena mempunyai kartu JKN dan tidak terpikir lagi dalam biayanya karena sudah terdaftar dalam program JKN.

“Sudah ada periksa USG juga ketika waktu usia kandungan empat bulan lalu dan semua pemeriksaan di rumah sakit juga menggunakan kartu JKN, harapannya semoga persalinan lancar,” ucapnya.

Saat berbincang dengan petugas BPJS SATU, Rini menanyakan status kepesertaan dari anak keduanya saat lahiran nanti dan cara mendaftarkannya ke dalam program JKN. Namun, hal tersebut sudah terjawab dari informasi yang diberikan oleh petugas BPJS SATU.

“Tadi khawatir kalau bayinya lahir dan perlu jaminan tapi belum punya kartu tapi sudah dapat informasi nantinya bisa langsung didaftarkan dan dientrikan data bayinya oleh petugas yang ada di rumah sakit,” terang Rini.

Rini sendiri telah terdaftar menjadi peserta JKN sejak tahun 2014 dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) Swasta.

SSaya bekerja di perusahaan sejak tahun 2010 dan terdaftar dalam program JKN BPJS Kesehatan sejak tahun pertama yaitu di tahun 2014, dari perusahaan juga menyadari pentingnya jaminan kesehatan jadi bayarnya rutin tidak pernah menunggak. Dari pengalaman karyawan yang lain juga sudah banyak menggunakan layanan program JKN jadi sudah dirasakan sekali manfaatnya,” ucap Rini.