Bawaslu ajak ormas di Bartim berpartisipasi awasi Pemilu 2024

id Ormas bartim diminta awasi pemilu, bawaslu bartim, pemilu 2024, badan pengawas pemilu, bartim, barito timur, tamiang layang

Bawaslu ajak ormas di Bartim berpartisipasi awasi Pemilu 2024

Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang digelar Bawaslu Bartim di Tamiang Layang, Selasa (11/10/2022).  (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Bawaslu Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan atau ormas untuk ikut serta dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
“Sangat diharapkan sekali organisasi kemasyarakatan juga ikut berpartisipasi mengawasi proses pemilu serentak 2024,” kata Ketua Bawaslu Barito Timur, Ferryanto Marthen usai sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Tamiang Layang, Selasa.
 
Menurutnya, ormas bisa menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam menyosialisasikan tahapan pemilu maupun dalam tugas teknis dalam pengawasan pemilu.
 
Karena itu, lanjut dia, Bawaslu Barito Timur melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan mengundang elemen masyarakat dari berbagai organisasi kemasyarakatan, organisasi kewanitaan dan organisasi kepemudaan.
 
“Peserta diberikan materi dari narasumber Bawaslu, KPU dan Polres Barito Timur. Peserta juga diberikan pemahaman terkait tugas dan fungsi Bawaslu dalam pengawasan pemilu," terangnya.

Baca juga: Bupati Bartim: Seluruh Kepala OPD hingga Ketua RT harus dukung Regsosek 2022
 
Dipaparkan Ferry, peserta yang terdiri dari berbagai ormas kedepannya bisa atau turut serta berpartisipasi aktif menyampaikan temuan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu secara berjenjang di tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan.
 
“Harapan kami berbagai elemen masyarakat mampu berperan aktif dalam pengawasan pemilu dan bisa melaporkan ke Bawaslu Barito Timur jika menemukan indikasi-indikasi pelanggaran pemilu,” jelasnya.
 
Pelanggaran pemilu dimaksud seperti prosesi dan acara kampanye, penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) hingga netralitas aparatur sipil negara dalam pemilu 2024.
 
Dia juga menjelaskan, dalam beberapa waktu ke depannya Bawaslu Barito Timur akan membentuk panwaslu kecamatan dan desa atau kelurahan.
 
Untuk pendaftaran sudah dilaksanakan Bawaslu Barito Timur. Peserta yang lulus administrasi akan berlanjut dengan tes tertulis yang dilaksanakan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tes wawancara.
 
“Dalam beberapa hari ke depan akan diumumkan siapa saja yang lulus dalam seleksi administrasi panwaslu kecamatan dulu,” ujar Ferry.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang tingkatkan SDM aparatur optimalkan pelayanan

Baca juga: Ketua DPRD Bartim ajak semua elemen bersinergi membangun daerah

Baca juga: Pemkab Bartim finalisasi luasan PSM