Pramuka Baamang raih penghargaan Tergiat di Kotim

id Pramuka Baamang raih penghargaan Tergiat di Kotim, kalteng, kotim, sampit, kotawaringin Timur, pramuka kotim, bupati kotim

Pramuka Baamang raih penghargaan Tergiat di Kotim

Bupati Halikinnor menyerahkan tunggul Kwartir Ranting Tergiat 2022 kepada Camat Baamang Ady Candra saat apel besar dalam rangka Hari Pramuka ke-61, Jumat (14/10/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kwartir Ranting Baamang dianugerahi penghargaan sebagai yang Tergiat tahun 2022 di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Saya berharap ini tidak hanya menjadi motivasi bagi Kwartir Ranting Baamang sendiri, tetapi juga kecamatan lainnya, khususnya yang di luar kota Sampit," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Jumat. 

Penyerahan penghargaan Kwartir Ranting Tergiat dilaksanakan saat apel besar dalam rangka Hari Pramuka ke-61 Kabupaten Kotawaringin Timur di halaman kantor bupati setempat dan diikuti seluruh kwartir ranting. 

Hasil penilaian, penghargaan Kwartir Ranting Tergiat I diberikan kepada Kwartir Ranting Baamang, Tergiat II kepada Kwartir Ranting Mentawa Baru Ketapang dan Tergiat III kepada Kwartir Ranting Parenggean. 

Tunggul penghargaan Kwartir Ranting Tergiat diserahkan Bupati Halikinnor kepada masing-masing camat yaitu Camat Baamang Ady Candra, Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat Setiadi dan Camat Parenggean Siyono. 

Menurut Halikinnor, penghargaan Kwartir Ranting Pramuka Tergiat selama ini didominasi tiga kecamatan tersebut yang saling unjuk kemampuan agar bisa mendapatkan prestasi tertinggi. Dia berharap 14 kecamatan lainnya meningkatkan kegiatan Pramuka karena sangat positif bagi generasi muda dan bermanfaat besar bagi masyarakat. 
Pengurus Kwartir Ranting Baamang berfoto bersama Bupati Halikinnor usai penyerahan penghargaan sebagai apel Kwartir Ranting Tergiat 2022 saat apel besar dalam rangka Hari Pramuka ke-61, Jumat (14/10/2022). ANTARA/Norjani

Selama ini Pramuka Kotawaringin Timur terus memberikan sumbangsih optimal kepada masyarakat. Bahkan saat masih ada penghargaan Kwartir Cabang Pramuka Tergiat di provinsi ini, Kotawaringin Timur sembilan kali meraih penghargaan tersebut, dan kini penilaian tersebut ditiadakan. 

Pramuka Kotawaringin Timur tidak hanya aktif di tingkat provinsi dan nasional, bahkan di tingkat internasional. Beberapa waktu lalu Pramuka Kotawaringin Timur juga ikut jambore internasional di Brunei Darussalam. 

"Di tengah masyarakat, Pramuka juga turun langsung membantu masyarakat, di antaranya dalam penanggulangan bencana banjir, pencegahan COVID-19 serta rutin membantu penyelenggaraan arus mudik dan arus balik lebaran di daerah ini," ujar Halikinnor. 

Sementara itu Ketua Kwartir Ranting Baamang Dadang Siswanto mengaku senang atas capaian tersebut. Pria yang merupakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur menegaskan, capaian itu hasil komitmen, konsistensi dan kerja keras bersama. 

Politisi yang juga menjabat Ketua Fraksi PAN ini menyampaikan terima kasih kepada Mabiran yang selalu memberikan arahan dan petunjuk. Dia juga menyampaikan terima kasih atas kekompakan dan soliditas semua pengurus kwartir ranting dan pengurus Andalan. 

"Jadikan penghargaan ini sebagai penambah semangat untuk lebih meningkatkan peranan kepanduan, meningkatkan kepekaan sosial dan pastinya turut serta menjadi bagian besar untuk mendukung program pemerintah," demikian Dadang Siswanto. 

Baca juga: Listrik mati, hotel jadi pilihan warga Sampit untuk menginap

Baca juga: Paspor masa berlaku 10 tahun diterbitkan mulai 12 Oktober 2022

Baca juga: Pemkab Kotim apresiasi TMMD bantu percepatan pembangunan