Legislator Gumas: Tingkatkan kunjungan masyarakat ke posyandu memerlukan kreativitas

id posyandu Gunung Mas, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Iceu Purnamasari, DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas

Legislator Gumas: Tingkatkan kunjungan masyarakat ke posyandu memerlukan kreativitas

Legislator Kabupaten Gunung Mas Iceu Purnamasari (kanan kedua) didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Rina Sari (kanan), menyerahkan hadiah door prize kepada salah satu masyarakat yang beruntung, saat pelaksanaan Posyandu Akbar di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (18/11/2022). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Iceu Purnamasari menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi, agar kunjungan masyarakat ke pos pelayanan terpadu (posyandu) dapat mengalami peningkatan.

"Kunjungan masyarakat ke posyandu sempat menurun akibat adanya pandemi COVID-19. Untuk itulah pemkab melalui perangkat daerah terkait harus kreatif, agar kunjungan masyarakat ke posyandu kembali meningkat," ucapnya di Kuala Kurun, Selasa.

Contohnya, lanjut dia, saat pelaksanaan Posyandu Akbar di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (18/11) lalu, yang dilakukan Dinas Kesehatan, dengan menggandeng Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kurun dan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, serta sejumlah posyandu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini menyebut, saat itu pelaksanaan Posyandu Akbar diwarnai dengan pengundian door prize.

Menurut politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini, keberadaan door prize tentunya sedikit banyak membuat masyarakat semakin tertarik dan antusias, untuk datang ke Posyandu Akbar.

"Saya mengapresiasi adanya door prize saat pelaksanaan Posyandu Akbar. Kreativitas seperti itu yang diperlukan, guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke posyandu," kata perempuan kelahiran Kuala Kurun ini. 

Selain itu, sambung dia, kegiatan posyandu juga harus dikemas secara menarik, serta menyampaikan berbagai informasi terkait kesehatan yang berguna bagi masyarakat, khususnya ibu dan anak.

Dengan dikemas secara menarik, maka diharap kunjungan masyarakat ke posyandu akan kembali meningkat. Jika kunjungan ke posyandu meningkat, maka kesehatan masyarakat juga akan semakin baik.

Baca juga: Pemkab Gumas berupaya tingkatkan angka kunjungan ke posyandu

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas, Rina Sari mengatakan, pihaknya berupaya agar angka kunjungan meningkat, mengingat banyak manfaat yang didapat jika masyarakat, dalam hal ini ibu dan anak rutin ke posyandu.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Posyandu Akbar, yang dipusatkan di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (18/11). Kegiatan ini melibatkan sejumlah posyandu dari wilayah Kelurahan Kuala Kurun dan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Nevie Ervina mengatakan, guna menarik animo ibu dan anak untuk berkunjung ke posyandu akbar, pihaknya menyiapkan sejumlah door prize bagi mereka yang beruntung.

"Door prizenya peralatan makan anak dan lainnya. Itu bentuk penghargaan kami kepada para ibu yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung pada posyandu akbar," demikian Nevie.

Baca juga: Pemkab Gumas gelar beragam bakti sosial dalam memperingati HKN

Baca juga: Bupati Gumas minta PBS bermitra dengan BUMDes angkut hasil produksi