Pemkab Gumas berupaya tingkatkan angka kunjungan ke posyandu

id Pemkab Gumas berupaya tingkatkan angka kunjungan ke posyandu, kalteng, gumas, Gunung mas

Pemkab Gumas berupaya tingkatkan angka kunjungan ke posyandu

Suasana posyandu akbar di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (18/11/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan angka kunjungan ke pos pelayanan terpadu (posyandu) yang sempat menurut akibat terjadinya pandemi COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan posyandu akbar, kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Mas, Arnold melalui Sekretaris, Rina Sari di Kuala Kurun, Jumat.

“Angka kunjungan ke posyandu sempat menurun saat pandemi COVID-19. Saat itu pelayanan dilakukan dari rumah ke rumah. Seiring pandemi yang melandai, posyandu kembali berjalan. Namun jumlah kunjungan belum seperti sedia kala,” sambungnya.

Dinkes Gunung Mas berupaya agar angka kunjungan meningkat, mengingat banyak manfaat yang didapat jika masyarakat, dalam hal ini ibu dan anak rutin ke posyandu. Salah satunya adalah melindungi anak dari stunting atau anak gagal tumbuh karena kekurangan gizi.

Puskesmas akbar dipusatkan di Taman Kota Kuala Kurun. Kegiatan ini melibatkan sejumlah posyandu dari wilayah Kelurahan Kuala Kurun dan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

Dari Kelurahan Kuala Kurun, posyandu yang terlibat adalah Posyandu Harapan Kita, Posyandu Harapan Baru, dan Posyandu Mawar. Sedangkan dari Kelurahan Tampang Tumbang Anjir adalah Posyandu Manggis, Posyandu Melati, Posyandu Kasih Ibu, Posyandu Mekar, dan Posyandu Mawar 07.

Mantan Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Gunung Mas ini menyebut, posyandu akbar juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022.

Baca juga: Pemkab Gumas gelar beragam bakti sosial dalam memperingati HKN

Melalui posyandu akbar ini, diharapkan masyarakat, dalam hal ini kaum ibu kembali mengingat pentingnya berkunjung ke posyandu, demi kebaikan si buah hati.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Nevie Ervina mengatakan, guna menarik animo ibu dan anak untuk berkunjung ke posyandu akbar, pihaknya menyiapkan sejumlah door prize bagi mereka yang beruntung.

“Door prizenya peralatan makan anak dan lainnya. Itu bentuk penghargaan kami kepada para ibu yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung pada posyandu akbar,” kata Nevie.

Pantauan di lapangan, para ibu dengan membawa anaknya antusias mengikuti posyandu akbar di Taman Kota Kuala Kurun, yang dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Beti, seorang warga Kuala Kurun, mengaku antusias mengikuti posyandu akbar, demi kebaikan si buah hati. Terlebih pada posyandu akbar juga diwarnai dengan door prize.

“Sayangnya saya tidak dapat door prize. Memang belum rezeki saya,” demikian Beti.

Baca juga: Bupati Gumas minta PBS bermitra dengan BUMDes angkut hasil produksi

Baca juga: Pemkab Gumas berupaya menarik minat pemuda menjadi petani

Baca juga: Bupati Gumas tegaskan aparatur harus bebas dari narkoba