Pemkab Gumas gelar beragam bakti sosial dalam memperingati HKN

id Pemkab Gumas gelar beragam bakti sosial dalam memperingati HKN, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, Gunung Mas

Pemkab Gumas gelar beragam bakti sosial dalam memperingati HKN

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menyemangati anak-anak yang akan mengikuti sunatan massal gratis, saat peringatan HKN ke-58 di Desa Tumbang Tambirah, Kecamatan Kurun, Kamis (18/11/2022). ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, bersama berbagai pihak melaksanakan beragam bakti sosial dalam mengisi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, yang difokuskan di berbagai tempat.

"Salah satu tempat pelaksanaan HKN itu dilaksanakan di desa Tumbang Tambiran, Kecamatan Kurun," kata Bupati Gunung Mas Jaya S Monong di Kuala Kurun, Kamis.

Di Tumbang Tambirah Pemkab Gumas melaksanakan pelayanan kesehatan massal kepada masyarakat di desa tersebut serta desa-desa terdekat. Pelayanan kesehatan massal tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Pelayanan kesehatan massal yang dimaksud di sini di antaranya adalah pengobatan, pemeriksaan kesehatan, serta sunatan massal. Selain itu ada juga penyerahan penghargaan dan bingkisan kepada sejumlah masyarakat.

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk Kepala Desa Tumbang Tambirah, Ipong Iwan Sagih, yang telah mendukung penuh peringatan HKN ke-58 di desa setempat.

Lebih lanjut, dalam momentum HKN ke-58 ini Pemkab Gunung Mas melalui Dinas Kesehatan, bersama pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah setempat, menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan.

Di antaranya adalah lomba video kreasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tatanan sekolah, Posyandu Akbar di Taman Kota Kuala Kurun, bakti sosial dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta deteksi dini atau skrining pencegahan penyakit.

"Masyarakat saya persilahkan untuk memanfaatkan beragam pelayanan kesehatan gratis, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HKN ke-58," kata orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini.

Baca juga: Bupati Gumas minta PBS bermitra dengan BUMDes angkut hasil produksi

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kurun, Vera Crista mengatakan, pelaksanaan pelayanan kesehatan massal di Tumbang Tambirah berjalan dengan baik, aman dan lancar, dari awal hingga selesainya kegiatan.

Ada puluhan masyarakat yang mengikuti pemeriksaan IVA gratis, serta 52 anak yang mengikuti sunatan massal gratis. Selain itu, peringatan HKN ke-58 di Tumbang Tambirah juga diwarnai dengan penyerahan bingkisan kepada kader kesehatan serta peserta aktif kegiatan posyandu.

Baca juga: Bupati Gumas tegaskan aparatur harus bebas dari narkoba

Baca juga: Bupati Gumas: Penanganan jalan Kurun-Palangka tidak tumpang tindih

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan pemdes perhatikan kewenangan dalam menyusun perencanaan